Tarif Bus Trans Jatim Ikut Naik Akibat BBM Naik?

Reporter : Jenik Mauliddina
IMG-20220906-WA0017

Optika.id - Dampak Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) diperkirakan akan berpengaruh pada tarif Trans Jatim. Meski bigutu, Pemprov Jatim masih menunggu kajian Dinas Perhubungan (Dishub) apakah ada penyesuaian tarif baru atau tidak

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengatakan, Bus Trans Jatim disiapkan sebagai alternatif angkutan massal. Besaran tarif juga sangat terjangkau, yakni Rp2.500 untuk santri dan pelajar serta Rp5.000 untuk masyarakat umum.

Baca juga: Per 1 November 2023, Harga BBM Resmi Turun!

"Masalah apakah ada penyesuaian harga, kita tunggu perhitungan dari Dishub," kata Emil disela-sela kegiatan DPD Partai Demokrat Jatim, Selasa (6/9/2022).

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Jatim, dr Agung Mulyono menambahkan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Dishub Jatim terkait dampak kenaikan harga BBM terhadap angkutan umum, termasuk Bus Trans Jatim. Dia berharap dampak kenaikan itu tidak terlalu besar, sehingga merugikan rakyat.

"Mudah-mudahan, dampaknya (kenaikan harga BBM) tidak terlalu tinggi. Kalaupun ada kenaikan tarif, harus yang wajar," ujarnya.

Baca juga: UU Cipta Kerja Gagal Selamatkan APBN, Harga BBM Naik dan Muncul Pembohongan Publik!

Diketahui, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa beberapa waktu lalu meluncurkan bus Trans Jatim. Bus tersebut melayani rute koridor I yaitu Sidoarjo-Surabaya-Gresik dengan 22 armada bus.

Armada bus Trans Jatim berjumlah 22 unit. Sebanyak 20 di antaranya dioperasikan. Sedangkan 2 bus menjadi cadangan.

Untuk membantu operasonal bus ini, Dishub Jatim menyediakan 32 halte, masing-masing dari Sidoarjo-Surabaya-Gresik, sebanyak 15 halte. Sedangkan dari Gresik-Surabaya-Sidoarjo, sebanyak 17 halte.

Baca juga: Harga BBM Subsidi Resmi Naik per 1 September 2023

Rute bus ini dari Terminal Porong, Terminal Pasar Larangan, kemudian masuk Tol Sidoarjo, Terminal Purabaya, masuk Tol Romokalisari, lalu masuk Gresik di Terminal Bunder.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru