Aplikasi TikTok Now Resmi Meluncur di Indonesia

Reporter : Denny Setiawan
aplikasi-tiktok-now-resmi-mendarat-di-indonesia-baru-tersedia-di-ios-cdWRXQlHgc

Optika.id - TikTok Indonesia resmi meluncurkan aplikasi TikTok Now, terpisah dari platform berbagi video pendek utamanya. Aplikasi ini memiliki format berbagi yang mirip dengan BeReal, di mana pengguna setiap harinya akan diminta untuk merekam video berdurasi 10 detik atau foto dari kamera depan dan belakang ponsel.

Sebelumnya, TikTok Now diperkenalkan secara global sebagai sebuah fitur. Menurut TikTok Newsroom Indonesia, format TikTok Now di setiap wilayah atau negara dapat berbeda, ada yang terintegrasi dalam aplikasi (in-app) TikTok, ada yang terpisah melalui aplikasi baru, seperti di Tanah Air, ada juga yang tersedia dalam kedua format.

Baca juga: Banyak Main TikTok Bisa Sebabkan Fokus Menurun

Sebagaimana jejaring sosial lainnya, pengguna TikTok Now dapat memutuskan siapa yang dapat melihat atau terlibat dengan konten mereka. 

Pengguna juga dapat memblokir akun serta komentar yang muncul di konten. Perilaku yang melanggar Panduan Komunitas TikTok, dapat dilaporkan.

"TikTok menjaga keselamatan komunitas kami dengan seksama, dan terus mengambil langkah lebih lanjut untuk membantu mendukung keselamatan dan kesejahteraan remaja," tulis TikTok, Selasa (20/9/2022).

Untuk menjaga keselamatan dan kesejahteraan pengguna remaja, TikTok now akan mengatur secara default akun pengguna di bawah usia 16 tahun menjadi private. 

Baca juga: Kawula17: Inovasi Politik Anak Muda di Tengah Banjir Informasi Media Sosial

Selain itu, pengguna di bawah usia 18 tahun tidak dapat membagikan konten di laman Explore, dan pengguna berusia antara 13 dan 15 tahun akan memiliki opsi komentar "Hanya untuk Teman".

TikTok Now saat ini masih dalam tahap uji coba selama beberapa minggu mendatang, namun sudah dapat diunduh di iOS App Store. Sejauh pantauan Tek.id, aplikasi TikTok Now belum tersedia di Google Play Store.

Reporter: Denny Setiawan

Baca juga: Capres Ramai Bikin TikTok Live, Bisa Gaet Suara Anak Muda?

Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru