Datang ke Muskercab PPP DKI Jakarta, Kader PPP: Anies Baswedan, Presiden Indonesia!

Reporter : Seno
Screenshot_20220925-201258_detikcom

Optika.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendatangi acara kegiatan Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) Ke-1 Serentak DPC PPP Se-DKI Jakarta.

Seperti dikutip Optika.id dari channel YouTube Suara, Anies masuk ke dalam acara di Grand Paragon Hotel Jalan Gajah Mada, Taman Sari, Jakarta Barat. Anies terlihat mengenakan batik berwana hijau tua lengkap dengan peci, Minggu (25/9/2022) malam.

Baca juga: PPP Titipkan Kader yang Maju Pilkada di Jatim ke Khofifah!

Kedatangan Anies disambut meriah oleh kader, beberapa di antaranya bahkan beranjak dari tempat duduk untuk memulai berswafoto dengan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Selain itu para kader juga meneriaki "Anies, Presiden Indonesia". Terdengar lantunan salawat menyertai kedatangan Anies.

Saat pembawa acara menyebut, kata Anies, anggota kader langsung menjawab dengan sebutan presiden.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani, bicara mengenai nama yang diusulkan akar rumput partainya untuk diusung menjadi calon presiden di Pilpres 2024. Salah satu nama yang diusulkan yakni Anies Baswedan.

"Kita tahu Pak Anies itu termasuk salah satu sosok yang di PPP, di akar rumput PPP itu satu dari sejumlah nama yang diusulkan. Bukan satu-satunya nama," papar Arsul Sani di Grand Paragon Hotel, Jakarta Barat, Minggu (25/9/2022).

Dia mengatakan PPP terbuka dengan usulan para kader. Namun ditegaskannya, untuk saat ini PPP belum menentukan siapa sosok yang akan diusung menjadi capres di 2024.

"PPP dalam konteks sebagai partai belum mengusulkan siapa paslon capres dan cawapres yang akan diusung. Tetapi PPP sebagai partai yang bottom up. Artinya, kami memberikan ruang kepada para kader, pengurus mulai dari tingkat bawah sampai ke atas itu untuk menyampaikan usulan dan mengekspresikan dukungannya itu silahkan saja," katanya.

Arsul juga bicara mengenai Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) Ke-1 Serentak DPC PPP Se-DKI Jakarta. Dia tidak mempermasalahkan jika Anies datang ke acara tersebut. Menurut Arsul hal itu wajar lantaran Anies masih sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Itu monggo aja, apalagi Pak Anies masih Gubernur, ya wajar aja datang. Gitu dong. Maka di dalam forum-forum permusyawaratan PPP. Misalnya teman-teman daerah itu mau mengundang siapa saja tokoh, bahkan yang disebut-sebut sebagai capres itu tidak kita larang," katanya.

"Itu boleh-boleh saja, nggak kita larang. Dan itu bisa jadi antara satu daerah dan daerah lain beda-beda. Jadi itu silahkan saja, dan saya kira teman-teman itu juga tidak akan bersifat eksklusif," imbuhnya.

Belum Terpikir

Kendati demikian, PPP menegaskan belum pernah terpikir untuk mengusung Anies di Pilpres 2024.

Baca juga: PPP Resmi Dukung Pasangan Khofifah-Emil di Pilkada Jatim 2024

"Kita belum pernah berpikir itu (mengusung Anies), belum," kata Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono, di Grand Paragon Hotel, Jalan Gajah Mada, Taman Sari, Jakarta Barat, Minggu (25/9/2022).

Mardiono mengungkapkan, PPP belum menentukan sosok capres yang akan diusung nanti. Hal itu, kata dia, akan ditentukan bersama dengan partai lainnya di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Nanti KIB (Komisi Indonesia Bersatu) setelah kita berembuk bersama dan kita telah mendapat keputusan ya, tentu itu kan melalui perhitungan yang matang untuk membawa Indonesia ke depan," paparnya.

"Sekali lagi kita belum pernah menyebutkan siapa pun. Jadi tolong sabar dulu nanti pada saatnya akan kita umumkan. Tetapi, sepanjang kita masih ada di KIB itu kita berkomitmen apapun yang putuskan itu hasil pembahasan bersama. Kita tidak boleh satu, yang bukan koalisi," imbuhnya.

Mardiono juga membantah pihaknya mengundang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) Ke-1 Serentak DPC PPP Se-DKI Jakarta. Mardiono menyebut acara itu bersifat internal.

"Jadi gini, ini kan acara internal, tadi kan di depan saya sampaikan bahwa acara ini acara internal. Artinya, ini acara keluarga, tentu ada juga yang non keluarga, nanti di acara politik, itu ada agenda sendiri ya. Kalau ada acara politik ya kita menghadirkan tokoh, menghadirkan politisi karena kan membahas politik masa depan bangsa, masa depan Indonesia," kata Mardiono di Grand Paragon Hotel, Jalan Gajah Mada, Taman Sari, Jakarta Barat, Minggu (25/9/2022).

"Tapi kali ini adalah acara untuk konsolidasi internal, namanya juga mukercab, musyawarah kerja cabang," lanjutnya.

Baca juga: PPP Resmi Serahkan Rekomendasi untuk Eri-Armuji di Pilwali Surabaya

Mardiono menegaskan tidak ada Anies dalam susunan kegiatan ini. Dia menegaskan tak ada pihak luar yang diundang.

"Tidak ada (Anies di susunan acara), kita tidak mengundang eksternal," tegasnya.

Berdasarkan agenda yang beredar tertulis kalau Anies diundang dalam kegiatan Mukercab serentak DPC PPP Se-DKI Jakarta dan launching Caleg PPP Pemilu 2024. Undangan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) itu bernomor 126/EXT/DPW/IX/2022.

Reporter: Pahlevi

Editor: Aribowo

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru