BMKG: Jatim Berpotensi Hujan Deras Pada Akhir Pekan

Reporter : Denny Setiawan
cakaplah_kyhl3_71263

Optika.id, Surabaya - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya mengingatkan potensi terjadinya hujan deras disertai dengan angin kencang di wilayah Mojokerto pada sore nanti.

Kasi data dan informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto mengatakan selain Mojokerto, beberapa wilayah lain di Jawa Timur juga berpotensi terjadi hujan deras.

Baca juga: Musim Penghujan Datang, Inilah Daftar Tanaman yang Dibenci Nyamuk

"Seperti di wilayah Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Pacitan, Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo dan Pamekasan," ujar Teguh dalam keterangan persnya, Minggu (9/10/2022).

Teguh mengatakan, secara umum wilayah Jawa Timur pada akhir pekan ini berpotensi terjadi hujan deras disertai angin kencang.

"Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari di wilayah Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Lumajang," ucapnya.

Teguh mengungkapkan, untuk malam hari potensi hujan di wilayah Sidoarjo, Kota Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Nganjuk, Pamekasan dan Sumenep.

Baca juga: Ini 6 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Ketika di Musim Hujan

"Kemudian dini hari di wilayah Gresik, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Malang, Lumajang, Banyuwangi dan Bangkalan," katanya.

Untuk suhu udara, kata dia, berkisar antara 15 - 33 derajat celcius dengan tingkat kelembapan udara 55 - 100 persen serta angin dominan dari Timur - Tenggara dengan kecepatan 05 - 40 kilometer per jam.

"Masyarakat juga bisa mengakses laman https://juanda.jatim.bmkg.go.id/webkantor/prakicu.php untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai cuaca," tutur dia.

Baca juga: Sidoarjo Diguyur Hujan Angin, Sentra Kuliner Aloha Roboh

Reporter: Denny Setiawan

Editor: Pahlevi 

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru