Ini 6 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Ketika di Musim Hujan

author firman fachrudy

- Pewarta

Rabu, 28 Des 2022 15:17 WIB

Ini 6 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Ketika di Musim Hujan

Optika.id - Kita tahu bahwa saat ini sedang memasuki musim hujan, maka solusi yang tepat adalah dengan mengonsumsi olahan tanaman jahe, Jahe sendiri merupakan tanaman rempah yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Rimpang ini sering digunakan sebagai bumbu dapur pada segala jenis makanan. Selain itu, jahe sering diolah menjadi berbagai minuman herbal yang menyegarkan.

Baca Juga: Tips Ampuh Mengatasi Batuk dan Pilek dengan Bahan-bahan Alami

Selain rasanya yang enak, jahe memiliki berbagai kegunaan untuk kesehatan tubuh. Jahe sering digunakan sebagai obat herbal untuk meredakan masuk angin, sakit tenggorokan, pilek dan mual.

Bagi Anda yang ingin memulai hidup sehat, bisa mengolah jahe menjadi berbagai menu makanan atau hidangan minuman yang dapat dikonsumsi sehari. Bahkan, Anda bisa memanfaatkan rempah jahe untuk mengatasi penyakit-penyakit ringan yang sering terjadi, khsusnya di musim hujan seperti saati ini.

1. Meningkatkan daya tahan

Imunitas tubuh merupakan kunci penting untuk bisa menjalankan aktivitas sehari-hari bebas dari kuman, virus dan bakteri. Karena musim hujan memiliki rangkaian penyakit yang unik, tidak ada salahnya melindungi diri dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, jahe diketahui bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga mengurangi infeksi bakteri di perut.

2. Melancarkan peredaran darah

Manfaat jahe bagi tubuh berbeda-beda. Ini karena jahe mengandung kromium, magnesium, dan seng yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan. Kandungan ini juga dapat membantu mencegah demam, keringat berlebih dan masuk angin.

3. Mencegah flu

Baca Juga: Ada Kandungan Bromat Berbahaya di Air Mineral, Pakar UGM: Jangan Asal Percaya Influencer

Jahe diketahui memiliki khasiat yang melindungi konsumen dari ancaman pilek dan flu. Karena flu adalah penyakit khas musim hujan, konsumsi jahe secara teratur dapat membantu melindungi dari penyakit ini. Coba tawarkan jahe segar ke dapur. Kemudian Anda bisa memarut atau mencincangnya dan minum dengan madu atau air untuk mencegah atau mengobati gejala pilek dan flu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

4. Hindari sakit perut

Dalam cuaca dingin, perut biasanya sedikit membengkak dan akhirnya malah menimbulkan masalah pencernaan. Nah, jahe diketahui dapat meningkatkan penyerapan makanan. Ini secara alami meningkatkan pencernaan dan secara efektif mencegah sakit perut. Selain itu, jahe dipercaya dapat mengurangi peradangan secara alami.

5. Baik untuk batuk dan hidung tersumbat

Baca Juga: Benarkah Kadar Kolesterol di Buah Durian Tinggi?

Batuk dan sembelit seringkali datang tanpa "ketukan pintu" saat musim hujan. Jahe dikenal baik untuk kesehatan paru-paru dan dapat membantu melonggarkan lendir. Jahe dapat melarutkan dan mengeluarkan lendir, yang mempercepat pemulihan dari masalah pernapasan.

6. Membantu penyerapan nutrisi

Jahe merangsang sekresi enzim lambung dan pankreas. Pekerjaan ini dapat mendukung penyerapan dan stimulasi nutrisi penting dalam tubuh. Penyerapan nutrisi ini sangat penting untuk pencernaan dan pada gilirannya memberikan sesuatu yang baik untuk tubuh.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU