Optika.id - Mitra Bukalapak, pemimpin pasar platform online-to-offline (o2o) kembali menggelar acara kumpul bagi komunitas warung terbesar di Indonesia, komunitas yang digelar itu bernama komunitas Juwara.
Rangkaian acara ini diberi nama Spesial Kumpul Juwara (SKJ) ini melibatkan berbagai ratusan anggota komunitas Juwara untuk berbagi ilmu dan inspirasi dalam meningkatkan kapabilitas bisnis secara digital.
Baca juga: Kompetisi Kembali Dimulai, Aremania Pilih Boikot Lanjutan Liga 1
Setelah sukses digelar di Solo, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Bali dan Makassar, kali ini SKJ berlanjut ke Lampung. Seusai dilangsungkan secara online selama 2 tahun terakhir, SKJ kembali digelar secara offline di 9 kota di Indonesia. Digelar pada Selasa (18/10/2022), acara ini dihadiri oleh hampir 300 anggota komunitas Juwara dari kota Bandar Lampung dan sekitarnya.
Melalui berbagai sesi edukasi, seluruh peserta juga berkesempatan untuk belajar dan mendalami teknik-teknik mengaplikasikan fitur-fitur di Mitra Bukalapak untuk memaksimalkan pendapatan bisnis mereka. Saat berjalannya acara Spesial Kumpul Juwara, para peserta berkesempatan untuk berbagi strategi bisnis sekaligus trik bagaimana menghadapi persaingan bisnis di era digital.
Mitra Bukalapak merupakan pemimpin platform online-to-offline (o2o) di Indonesia yang memfasilitasi warung dan agen individual ke berbagai produk fisik, virtual dan finansial, mulai dari barang kebutuhan sehari-hari, pulsa, token listrik, hingga berbagai layanan seperti pembayaran tagihan, pengiriman uang, hingga layanan logistik, ke para pemilik warung serta pelaku UMKM lainnya di Indonesia.
Selain itu, para pemilik warung dan agen individual juga dapat memiliki akses ke lebih banyak varian produk fisik dan finansial untuk mengatasi kendala terkait rantai suplai dan pengadaan serta kesempatan menerima dukungan finansial melalui aplikasi Mitra Bukalapak.
Pada akhir Juni 2022, sebanyak 14,2 juta pemilik warung dan UMKM lainnya di seluruh Indonesia terdaftar sebagai Mitra Bukalapak, itu merupakan peningkatan dari 11,8 juta pada akhir Desember 2021. Rangkaian kegiatan SKJ akan berlanjut di Palembang pada 22 Oktober 2022.
Lewat Mitra Bukalapak, Marni sukses tingkatkan pendapatan hingga 5 kali lipat.
Melalui acara SKJ, salah satu anggota komunitas Juwara asal Lampung, Marni mengungkapkan bagaimana aplikasi Mitra Bukalapak telah berhasil membawanya pada peningkatan bisnis hingga 5 kali lipat.
Saat ini, orang-orang sekitar tempat tinggal Marni tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke minimarket atau bank untuk melakukan transaksi finansial karena semuanya tersedia di Warung Rena. Kehadiran Mitra Bukalapak di Warung Rena milik Marni tidak hanya membawa manfaat bagi dirinya, tetapi juga masyarakat di sekitar tempat tinggalnya.
Sejak bergabung di Mitra Bukalapak pada tahun 2018, keuntungan warung saya meningkat pesat dari yang tadinya 3 juta/bulan menjadi 15 juta/bulan. Fitur-fitur yang membawa perubahan besar terhadap bisnis warung saya di antaranya Belanja Bareng, top up pulsa, paket data, token listrik, kirim uang, hingga layanan logistic, BukaSend dan quot, ujar Marni, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (19/10/2022).
Sementara itu, CEO Buka Mitra Indonesia, Howard Gani menuturkan, melalui SKJ, pihaknya menghadirkan sebuah wadah bagi para anggota komunitas Juwara untuk saling berbagi dan belajar bersama.
Adanya ajang positif seperti SKJ ini, seluruh pemilik warung dapat terus memperkaya pengetahuan dan jaringannya, tidak hanya bermanfaat untuk peningkatan bisnisnya, tetapi juga membantu mereka menemukan solusi yang tepat dari berbagai tantangan usaha yang dihadapinya, ujarnya.
Ia menambahkan, kegiatan ini menjadi kesempatan Mitra Bukalapak untuk semakin memahami kebutuhan sekaligus memperdalam engagement kami dengan seluruh Mitra di Indonesia.
Baca juga: Generasi Baru Toyota Resmi Meluncur, Kijang Lawas Alami Kenaikan Harga
Mitra Bukalapak sendiri merupakan lini bisnis o2o milik Bukalapak dengan perkembangannya yang positif, sekaligus penggerak utama pertumbuhan perusahaan. Selama ini, Mitra Bukalapak berkontribusi terhadap 48 persen Total Processing Value (TPV) Bukalapak. TPV tersebut bertambah sebesar 25 persen menjadi RP 17,7 triliun dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.
Sebelumnya, Bukalapak berpartisipasi dalam Indonesia Syariah Economic Festival (ISEF) 2022 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5-9 Oktober 2022.
Berkat komitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, dalam acara ini Bukalapak berkesempatan untuk memperkenalkan berbagai produk dan fitur Syariah di ekosistem Bukalapak melalui pameran dan kegiatan diskusi.
ISEF merupakan acara tahunan Syariah terbesar di Indonesia, inisiasi dari Bank Indonesia yang menjadi wadah integrasi berbagai kegiatan di sektor ekonomi dan keuangan syariah. Dikutip dari keterangan resmi perseroan, Jumat (7/10/2022).
ISEF sendiri merupakan salah satu side event dari Presidensi G20 Indonesia dengan mengangkat tema Recover Together Recover Stronger: Optimizing Sharia Economy and Finance for Inclusive Recovery. Event tersebut juga melibatkan praktisi dari sektor ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.
Sebagai E-Commerce kolaborator, Bukalapak menampilkan produk-produk ivestasi berbasis Syariah serta fitur-fitur yang dirancang untuk membantu umat Muslim menunaikan kewajiban dengan mudah berkat kapabilitas teknologi.
Dengan demikian, Bukalapak memberikan akses ke produk investasi berbasis syariat Islam secara mudah, transparan dan proses yang aman. Bukalapak juga memberikan informasi mengenai fitur BukaZakat dan BukaDonasi. Fitur BukaZakat dapat digunakan oleh umat Muslim untuk menjalankan kewajiban membayar zakat.
Baca juga: Sindikat Pembuatan Uang Palsu Senilai Rp 2,3 Miliar, Polisi Tangkap 2 Orang Pelaku
Sedangkan BukaDonasi merupakan fitur khusus untuk mengumpulkan donasi dari para pengguna untuk berbagai tujuan. Melalui kedua fitur ini, Bukalapak bermitra dengan para lembaga penyalur zakat serta dana yang terpercaya di Indonesia.
Dalam rangkaian kegiatan ISEF ini, Bukalapak pun melangsungkan kegiatan diskusi bertajuk Investasi Syariah Aman dan Berkah yang menghadirkan Bazari Azhar Azizi, Analisis Kebijakan Pasar Modal Syariah Direktorat Jasa Keuangan Syariah, serta Dhinda Arisyiya, CEO Investmen Solution & Buka Investasi Bersama sebagai pembicara.
Topik yang diangkat ialah peluang dan potensi investasi Syariah di Indonesia serta berbagai produk investasi syariah di Bukalapak. Kegiatan ini melibatkan mitra NGO, akademisi, mahasiswa, juga masyarakat umum sebagai peserta.
Penulis: Firtian Ramadhani
Editor: Pahlevi
Editor : Pahlevi