Tim Kecil Anies Baswedan Sudah Berunding Bahas Koalisi

Reporter : Uswatun Hasanah
FfmcESJUUAE1lr8

Optika.id - Deklarasi Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) oleh Partai Nasdem saat ini mulai menunjukkan hasil. Tim kecil sudah dibentuk untuk mendukung proses pencalonan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Adapun tim kecil ini dibentuk dari petinggi tiga partai politik (parpol) yang disebutkan bakal mendukung Anies sudah membentuk suatu pertemuan politik. Ketiga partai tersebut yakni Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat yang bertemu dalam suatu rapat di Jakarta pada Jumat (21/10/2022).

Baca juga: PKS Sebut Indonesia Tak Ada Oposisi, Yang Mengontrol DPR

Dari foto yang beredar di media sosial, pertemuan tim kecil tersebut dihadiri oleh Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya, Ketua DPP Polhukam Al Muzammil Yusuf, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohammad Sohibul Iman, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya. Dalam pertemuan tersebut, hadir pula mantan menteri ESDM sekaligus teman dekat Anies Baswedan yakni Sudirman Said.

Pertemuan tersebut membahas keinginan Partai Nasdem kepada PKS dan Partai Demokrat untuk duduk bersama, berembug dan mematangkan format koalisi perubahan yang bakal digagas secara bersama-sama sebagai tim.

"Ada beberapa hal penting yang dibahas dalam pertemuan tersebut, seperti kriteria pasangan bakal calon wakil presiden yang cocok mendampingi Anies Rasyid Baswedan," kata Willy dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (21/10/2022).

Anies pun me-retweet status yang dibuat Willy di akun Twitter-nya. "Dari titik ke bidang, semakin intens!!! colek @aniesbaswedan, @NasDem, @PKSejahtera, @PDemokrat," ujarnya lewat @adityawilly seperti yang dikutip Optika.id pada Sabtu (22/10/2022).

Baca juga: Usai Putusan MK, PKS Diminta Usung Kembali Anies Baswedan!

Sementara itu, Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng menuturkan jika partai berlambang mercy tersebut tidak ingin terburu-buru lebih dulu dalam meresmikan koalisi seperti yang dilakukan oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). kendati demikian, mantan Juru Bicara (Jubir) Presiden Susilo Bambang Yudhuyono (SBY) tersebut berani menjamin jika koalisi yang terbentuk dari ketiga parpol tersebut hampir mendekati final.

"Sementara kita bertiga ini, kita makin dekat, kapan itu Mas Willy (menyatakan) Nasdem 80 persen. Dengan ada pertemuan ini 90 persen," ujar Andi.

Reporter: Uswatun Hasanah

Baca juga: Warga Jakarta Menyatakan Siap Tinggalkan PKS Usai Tak Jadi Dukung Anies

Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru