Monev Bapedalitbang Dinilai Belum Capai Sisi Kualitas

Reporter : angga kurnia putra
resesi-ekonomi-ramai-diperbincangkan-pemkot-surabaya-lakukan-ini-untuk-menghadangnya

Optika.id-Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Kota Surabaya menilai monitoring dan evaluasi (monev) yang dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bapedalitbang) setempat masih belum pada sisi kualitas.

"Monev yang dilakukan Bapedalitbang masih pada kisaran serapan anggaran dan kuantitas pelaksanaan kegiatan belum pada sisi kualitas," kata Wakil Ketua Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Surabaya Aning Rahmawati di Surabaya, Selasa (1/11/2022).

Baca juga: Jelang Pendaftaran Pilgub Jatim, Pasangan Khofifah-Emil Belum Ada Penantang!

Menurut dia, Bapedalitbang Surabaya berperan penting dalam merancang perencanaan kota sehingga pertumbuhan ekonomi bisa positif dan terus meningkat.

Aning mencontohkan pada proyek padat karya dengan leading sector pada kecamatan, maka perlunya support dari Bapedalitbang terkait dengan kemampuan monev dan konten monev.

"Awal sebelum program padat karya penghasilan berapa dan profil MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) bagaimana? setelah ada program padat karya profil MBR-nya bagaimana? dan berapa MBR yang berhasil dientaskan dari seluruh program padat karya yang ada?" kata dia.

Tidak hanya itu, lanjut dia, target dan juga intervensi Pemkot Surabaya di rumah padat karya juga perlu dimonev, kecocokan antara program dengan peserta, baik itu skill maupun juga alat-alat yang disediakan sudah bisa dipakai semua atau belum.

"Hal ini penting karena program yang luar biasa dari pemkot ini betul-betul diharapkan jadi solusi terhadap tingginya Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dan angka kemiskinan.

Baca juga: Awal Agustus, PDIP Jatim Akan Umumkan Sosok yang Diusung untuk Pilgub Jatim!

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya mengatakan, program Padat Karya menjadi salah satu aktualisasi konsep penanggulangan kemiskinan yang dirancang dengan melibatkan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dalam mengelola aset milik Pemkot Surabaya.

Bahkan, kata dia, Kota Surabaya mendapat perhatian langsung dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia (RI) untuk menandatangani komitmen bersama dalam launching Reformasi Birokrasi (RB) Tematik Penanggulangan Kemiskinan di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 21 Oktober lalu. Hasilnya, Kota Surabaya menjadi daerah percontohan RB Tematik Penanggulangan Kemiskinan.

"Yang ada di benak saya adalah bagaimana anggaran pemerintah itu bisa mengurangi kemiskinan dan pengangguran di Surabaya. Di situlah anggaran pemkot bisa dikerjakan oleh warga Surabaya, seperti pembuatan seragam sekolah dan paving yang membuat penurunan kemiskinan cukup cepat," kata Eri.

Baca juga: Khofifah-Emil Masih Jadi Pertimbangan PDIP Jatim, Kenapa?

Reporter: Angga Kurnia Putra

Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru