Hasil Survei Charta Politika: Nasdem Merosot, Disusul Demokrat dan PKS

Reporter : Haritsah
slide_62849ccab23b8

Optika.id - Elektabilitas Partai Nasdem turun dan disusul oleh fraksi oposisi, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Dilansir dari kompas.com, Kamis (8/12/2022), hasil survei Charta Politika posisi Nasdem berada di urutan ketujuh dengan tingkat elektoral 6,0 persen.

Baca juga: Oposisi Memang Berat Mas AHY, Demokrat Takkan Kuat, Biar Rakyat Saja

Sementara itu Demokrat berhasil masuk lima besar dan berada di urutan kelima dengan elektabilitas 7,3 persen. Sedangkan PKS mengantongi elektabilitas 6,9 persen, menempatkan partai berlambang bulan sabit padi itu di urutan keenam.

Kendati demikian, elektabilitas Nasdem tersebut ternyata sudah lebih baik dibandingkan dengan survei-survei sebelumnya. Pada survei Charta Politika yang dirilis September kemarin, partai pimpinan Surya Paloh itu hanya mengantongi elektoral 4,8 persen.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan, peningkatan ini mungkin dipengaruhi oleh langkah Nasdem mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres). "Dari survei ini ada kecenderungan ini angka tertinggi yang didapatkan oleh Nasdem selama tahun 2022," kata Yunarto dalam tayangan YouTube Charta Politika Indonesia, Kamis (8/12/2022).

"Bisa dispekulasikan kalau dilihat dari sisi momentum, ada pengaruh positif dari deklarasi Partai Nasdem terhadap Anies Baswedan," tuturnya.

Adapun dalam survei ini, PDI Perjuangan masih konsisten memimpin di urutan teratas dengan tingkat elektoral 21,7 persen. Di urutan kedua ada Partai Gerindra dengan elektabilitas 14,5 persen, lalu Partai Golkar di urutan ketiga dengan elektabilitas 9,8 persen. Menurut Yunarto, elektabilitas ketiga partai politik cenderung mengalami stagnasi dalam dua bulan terakhir. Namun, bagi PDI-P dan Golkar, terlihat tren penurunan yang cukup signfikan.

"Catatan khusus buat PDI Perjuangan, angka ini sebetulnya bisa dikatakan angka yang cukup besar penurunannya dibandingkan dengan bulan Juni, begitu juga pada Partai Golkar," katanya. Di urutan keempat, ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan elektabilitas 8,5 persen. Selanjutnya, Partai Amanat Nasional atau PAN (4,0 persen) di urutan ke-8, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) urutan ke-9.

Urutan elektabilitas Partai Politik hasil survei Charta Politika:

PDI-P: 21,7 persen

Partai Gerindra: 14,5 persen

Partai Golkar: 9,8 persen

PKB: 8,5 persen

Partai Demokrat: 7,3 persen

PKS: 6,9 persen

Partai Nasdem: 6,0 persen

Baca juga: Aksi Akrobatik Orang Narsis dalam Panggung Politik

PAN: 4,0 persen

PPP: 3,6 persen

Perindo: 2,5 persen

Partai Solidaritas Indonesia (PSI): 0,5 persen

Partai Bulan Bintang (PBB): 0,5 persen

Hanura: 0,4 persen

Partai Republiku Indonesia: 0,2 persen

Partai Gelora: 0,2 persen

Baca juga: Isu Rohingya Tak Cukup Laku Buat Jadi Komoditas Politik?

Partai Buruh: 0,2 persen

Partai Keadilan dan Persatuan (PKP): 0,1 persen

Partai Garuda: 0,1 persen

Tidak tahu/tidak jawab: 13,1 persen.

Reporter: Ibnu Haritsah

Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru