Pemberian Pangkat Letkol Tituler Deddy Corbuzier, Akbar Faizal: Indonesia Jadi Negeri Sesuka Hati

Reporter : Seno
Screenshot_20221210-161737_Opera News

Optika.id - Pemberian pangkat Letnan Kolonel (Letkol) Tituler Angkatan Darat kepada Deddy Corbuzier dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendapat kritikan dari politisi Akbar Faizal.

Dalam cuitannya di Twitter seperti dikutip Optika.id, Jumat (9/12/2022), Akbar berkomentar atas pemberian pangkat Letkol tituler kepada Deddy.

Baca juga: Soal Konten LGBT Deddy Corbuzier, DPR: LGBT Tak Akan Diberi Ruang di Indonesia

Ia menyayangkan pemberian itu dan menyebut Indonesia menjadi negeri yang dikelola sesuka hati.

Dan, seorang pesohor tiba-tiba dapat pangkat Letkol dari Menhan Prabowo, panglima TNI dan Kasad. Negeri suka-suka, jelasnya.

Akbar Faizal menceritakan bahwa ayahandanya adalah seorang tentara yang turut melakukan operasi militer di Irian Barat (Papua).

Cerita Akbar, saat operasi militer lengan ayahnya bengkok imbas terkena peluru.

Selain itu, Akbar menyebutkan bahwa ayahnya juga menjadi bagian dari operasi di Timor Timur (Timor Leste).

Atas jasanya, ayahanda Akbar mendapat Bintang Seroja dan saat wafat mendapatkan pangkat terakhir Sersan Satu.

"Hingga wafat berpangkat Sertu. Kami bangga padanya, demikian kata Akbar.

Deddy Corbuzier sendiri mendapat gelar Letnan Kolonel Tituler dari Menhan Prabowo.

Pangkat yang diterima Deddy itu setelah sebelumnya mendapat pengesahan dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KSAD Jenderal Dudung Abdurrachman.

Momen pemberian pangkat ini diunggah oleh Deddy di akun Instagramnya @mastercorbuzier. Deddy bangga dengan pemberian pangkat tersebut.

Kebanggaan yang luar biasa, Penerimaan Pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat oleh Menhan @prabowo Yang disahkan oleh Panglima TNI @jenderaltniandikaperkasa Dan KASAD @dudung_abdurachman, tulis Deddy dalam captionnya, Jumat (9/12/2022).

Deddy mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar TNI dan Kementerian Pertahanan yang telah memberikan kepercayaan tertinggi itu untuk dirinya.

Menurutnya, pemberian pangkat ini menandakan dirinya mengawali perjalanan baru mengemban tugas dan tanggung jawab pada NKRI.

"Ini juga artinya mengawali perjalanan baru bagi saya tuk mengemban tugas dan tanggung jawab pada NKRI secara bersih dan tidak memihak kecuali pada Pancasila, ujar dia.

Mudah mudahan dengan hadirnya saya di keluarga besar TNI bisa lebih memberikan warna baru dan gagasan gagasan tuk Rakyat, Bangsa dan Negara.Juga sebagai Duta Komcad mampu membawa rakyat bersama membela bangsa.TNI BERSAMA RAKYAT NEGARA KUAT. Letnan Kolonel Tituler Deddy Corbuzier, tulis Deddy.

Apa itu Pangkat Tituler?

Pangkat yang diterima oleh Deddy Corbuzier ini pun mendapat banyak sorotan dari warganet, pasalnya Deddy hanyalah warga biasa, sebelumnya ia bukanlah bagian dari TNI.

Apa itu pangkat Letnan Kolonel Tituler TNI AD dan bagaimana bisa Deddy Corbuzier mendapat pangkat tersebut? Bagaimana penjelasannya?

Seperti informasi yang berhasil dihimpun Optika.id, menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2010 tentang Administrasi Prajurit Tentara Nasional Indonesia, pangkat Letnan Kolonel Tituler TNI adalah pangkat yang hanya diberikan kepada warga negara dan kedudukannya sepadan dengan jabatan keprajuritan serendah-rendahnya jabatan Letnan Dua.

Penjelasan mengenai pangkat Tituler tersebut terdapat dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 39 Tahun 2010 Pasal 5 Ayat (2) Huruf A.

Selain itu juga tercantum dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 36 Tahun 1959 tentang Pangkat-Pangkat Militer Khusus, Tituler, dan Kehormatan. Pangkat Tituler dijelaskan pada Pasal 6 sampai 9.

Dalam PP tersebut, sebab seseorang diangkat dengan pangkat tituler seperti misalnya dalam keadaan perang dan seorang pejabat sipil harus mengisi pangkat militer.

Pejabat sipil tersebut kemudian diberi pangkat militer tituler untuk memenuhi syarat menjabat sebagai pejabat militer.

Pangkat Militer Tituler merupakan pangkat yang diberikan kepada orang-orang bukan Militer sukarela atau Militer-wajib yang memangku jabatan militer dapat diberikan pangkat militer Tituler.

Pangkat Tituler ini memang jabatan TNI AD yang dapat diberikan kepada bukan anggota TNI alias warga sipil yang dapat membantu pertahanan negara.

Pangkat ini kemudian akan secara otomatis dicabut ketika situasi tidak lagi mengharuskan orang tersebut untuk menjadi militer.

Pangkat ini juga dapat dicabut jika dilakukan surat keputusan oleh pejabat yang berhak menentukannya.

Selain itu, pangkat Militer Tituler ini dapat diberikan tunjangan horarium menurut ketentuan-ketentuan peraturan menteri.

Jika berdasarkan KBBI, Tituler itu sendiri adalah suatu gelar atau pangkat yang diberikan kepada seseorang yang membutuhkannya untuk keperluan-keperluan bersifat sementara.

Orang yang menerima pangkat tersebut tidak harus melakukan tugas yang berkaitan dengan gelar atau pangkat yang diberikan jika keperluan itu telah dilalui atau diselesaikan.

Ketika menerima pangkat tersebut, Deddy Corbuzier pun merasakan kebanggaan yang luar biasa. Ia pun siap untuk mengemban tugas dan tanggung jawab baru itu.

Deddy Corbuzier juga bukan merupakan publik figur satu-satunya yang pernah menerima Pangkat Tituler ini.

Baca juga: Timbulkan Polemik, Deddy Corbuzier Minta Maaf dan Hapus Konten Gay di Podcastnya

Sebagai informasi tambahan, sebelum mendapatkan pangkat Letnan Kolonel Tituler TNI AD, Deddy Corbuzier juga pernah diangkat sebagai duta Komcad.

Sebelumnya, pada tahun 1996, almarhum Idris Sardi yakni ayah Lukman Sardi juga pernah menerima pangkat yang sama seperti Deddy Corbuzier.

17 Nama Penerima Pangkat Tituler 

Selain itu, kini totalnya ada 17 nama penerima pangkat Letnan Kolonel Tituler di Indonesia.

Dengan pangkat itu, kini Deddy Corbuzier memiliki pangkat yang sama dengan sejumlah tokoh nasional.

Bahkan beberapa nama penerima Letkol Tituler ini adalah pahlawan nasional, misal Hamengkubuwana IX atau Sri Sultan HB IX.

Sri Sultan HB IX juga beberapa kali menduduki jabatan yang cukup tinggi. Dia menjadi Wakil Presiden RI kedua menggantikan Muhammad Hatta.

Dia juga pernah menjadi wakil perdana menteri serta menduduki beberapa jabatan menteri.

Sri Sultan Hamengku Buwono IX juga ditetapkan sebagai Bapak Pramuka Indonesia.

Berikut ini 17 nama penerima pangkat Letnan Kolonel Tituler TNI:

1. Paku Alam VI

2. Paku Alam VII

3. Paku Alam VIII

4. Mangkunegara VII

5. Mangkunegara VIII

6. Nugroho Notosusanto

7. Soerjadi Soerjadarma

Baca juga: Undang Pasangan Gay, Gus Baha Semprot Deddy Corbuzier

8. Pakubuwana X

9. Pakubuwana XII

10. Hamengkubuwana VIII

11. Hamengkubuwana IX

12. Melanchton Siregar

13. Kiyai Haji Darip Klender

14. Teungku Muhammad Daud Beureueh

15. Letkol TNI (Tit) Idris Sardi (1996)

16. Teuku Nyak Arif

17. Letkol TNI (Tit) Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo (2022).

Gaji Pangkat Letkol Tituler

Berapa gaji yang akan diterima Deddy Corbuizer setelah menerima pangkat Letnan Kolonel Tituler TNI AD? Seperti tercantum dalam Peraturan Pemerintah No. 26 Tahun 1959 tentang Pangkat- Pangkat Militer Khusus, Tituler dan Kehormatan Pasal 9 Ayat 1 dan 2 yang berbunyi:

(1) Pemberian pangkat militer tituler kepada seseorang tidak membawa akibat pemberian penyesuaian gaji menurut peraturn gaji militer.

(2) Kepada mereka yang memperoleh pangkat militer tituler berdasarkan peraturan ini dapat diberikan tunjangan honorarium menurut ketentuan-ketentuan peraturan Menteri, kecuali jika Peraturan Pemerintah menetapkan lain.

Reporter: Pahlevi

Editor: Aribowo 

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru