Libur Natal dan Tahun Baru, Penerbitan Paspor di Imigrasi Malang Meningkat

Reporter : Danny

Optika.id - Permohonan penerbitan paspor ke luar negeri di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang meningkat. Hal ini diungkapkan secara langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Ramdhani. Ia juga menegaskan bahwa kenaikan ini dikarenakan libur natal dan pergantian tahun baru 2023 pada bulan Desember ini.

Baca juga: Ratusan Warga Malang Lakukan PSU Akhir Pekan ini, Kenapa?

Negara yang paling banyak dituju adalah Singapura, Kedua, Malaysia untuk kepentingan wisata dan Arab Saudi untuk kepentingan ibadah. Bahkan pelayanan setiap harinya melebihi kuota yang hanya dibatasi 100 pemohon.

"Tentu saja, ketika petugas kami melakukan saat menanyakan tujuan permohonan paspor, yang pertama Singapura, kemudian Malaysia, kemungkinan berlibur, juga ada yang Umroh, ujar Ramdhani, Jumat (16/12/2022).

Selain itu, terdapat beberapa faktor yang membuat permintaan penerbitan paspor meningkat. Salah satunya mulai landainya kasus Covid-19, dari pandemi menuju endemi dengan Presentase peningkatan mencapai 300 persen.

Baca juga: 5 TPS di Kabupaten Malang Gelar Coblos Ulang Besok

"Jauh sekali perbedaannya dengan 2021, lebih dari 300 persen atau empat kali lipat pada tahun ini. Karena dulu masih dalam kondisi pandemi, semua negara menutup untuk kegiatan seperti wisata dan ibadah, sekarang pintu negara-negara sudah dibuka untuk berwisata, ucap Ramdhani.

Total, ada 68.422 paspor yang telah diterbitkan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang sepanjang tahun 2022 ini. Peningkatan permohonan penerbitan paspor ini mulai melonjak pada sekitar bulan Maret lalu. Negara-negara yang pada awalnya masih menutup diri telah membuka kembali pintu negara masing-masing.

Baca juga: Muncul Pemilih Penyusup, Sejumlah TPS di Malang Adakan Coblos Ulang Besok

"Alhasil, ya warga negara kita berbondong-bondong berangkat ke luar negeri, animo masyarakat melonjak seperti berangkat umroh dan wisata, pungkasnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru