Jelang Libur Nataru, Lonjakan Penumpang Terminal Seloaji Meningkat Drastis

Reporter : Danny

Optika.id - Terminal tipe A Seloaji Ponorogo mengintensifkan pemeriksaan ramcek untuk bus-bus. Hal ini dilakukan jelang libur natal dan tahun baru (nataru), pemeriksaan ramcek ini juga dilakukan terhadap armada antar kota antar provinsi (AKAP) maupun antar kota dalam provinsi (AKDP) yang mau berangkat dari terminal Seloaji.

Baca juga: Pemerintah Didesak Segera Lakukan Langkah Strategis Guna Antisipasi Harga Barang Naik Jelang Nataru

"Saat ini, kondisi penumpangjelang libur nataru di terminal Seloaji masih berjalan lancar. Ada sekitar 3 ribuan orang, baik itu yang datang dan berangkat di terminal Seloaji, kata Kepala Satuan Pelaksana Terminal Tipe A Seloaji Ponorogo, Yono, Rabu (21/12/2022).

Kondisi penumpang di terminal Seloaji masih landai. Seperti hari-hari biasanya, penumpang seperti rata-ratanya sekitar 3.000-an per harinya. Yono memprediksi lonjakan penumpang di momen nataru ini, diperkirakan pada tanggal 23-24 Desember 2022 nanti. Prediksi lonjakan penumpang sekitar 50 persen, ucapnya.

Dalam pemeriksaan ramcek oleh jajaran petugas dari terminal Seloaji Ponorogo, tidak ada pelanggaran yang berarti oleh armada bus yang akan berangkat dari terminal. Yono menyebut temuan pelanggaran hanya sebatas pelanggaran trayek. Dimana seharusnya armada bus tidak masuk Ponorogo, namun nyatanya malah masuk terminal Seloaji. Kebanyakan bus AKAP, dari Jakarta paling banyak, ungkap Yono.

Terkait dengan pelanggaran trayek ini, pihaknya akan melakukan peringatan terhadap armada bus yang bersangkutan. Jika peringatan 2 kali tidak diindahkan, maka pihak jajaran terminal Seloaji Ponorogo bakal menindak tegas armada bus yang nakal tersebut. Kalau peringatan 2 kali tidak diindahkan, ya akan tindak tegas, terangnya.

Baca juga: Jelang Nataru, Ekonom Peringatkan Masyarakat Jangan Terjebak Tawaran Pinjol Ilegal

Petugas dari Satlantas Polres Ponorogo melakukan pemeriksaan dan pengecekan terhadap bus yang akan berangkat. Mulai dari angkota, bus antar kota dalam provinsi (AKDP) dan bus antar kota antar provinsi (AKAP). Kegiatan pemeriksaan ramcek terhadap armada bus, sebelumnya juga dilakukan oleh Satlantas Polres Ponorogo. Ada beberapa bus yang kita sudah cek, kata Kasat Lantas Polres Ponorogo AKP Affan Priyo Wicaksono.

Ia menyebut dalam pemeriksaan dan pengecekan itu, semua angkutan umum yang ada di terminal Seloaji dicek, sesuai dengan spesifikasi atau sesuai standar. Petugas, kata Affan melakukan pengecekan wiper, ban dan lampu-lampu kendaraan.

Menurutnya kesemuanya masih dalam keadaan standar. Kita juga melakukan pemeriksaan untuk kelengkapan SIM, STNK dan KIR. Semuanya dalam keadaan baik, ucapnya.

Baca juga: Libur Nataru, Kedatangan Penumpang di Terminal Blitar Naik 20 Persen

Pemeriksaan seperti ini, akan dilakukan hingga seminggu ke depan. Hal itu dilakukan juga dalam rangka kegiatan operasi lilin semeru. Dalam kesempatan itu, Ia menghimbau untuk pengemudi maupun masyarakat yang akan ke luar kota, untuk selalu berhati-hati. Terutama jelang libur nataru kali ini.

"Himbauan untuk pengemudi untuk jangan ugal-ugalan di jalan, utamakan keselamatan di jalan raya. Dan juga tidak kalah penting adalah menjaga kondisi kendaraan dengan baik," pungkasnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru