Akibat Puntung Rokok, Rumah Warga Gresik Ludes Terbakar

Reporter : Danny

Optika.id - Kebakaran kembali terjadi wilayahKabupaten Gresik. Kali ini dialami oleh Ida Haji (65), warga Desa Pandanan, Kecamatan Duduksampeyan. Rumah sekaligus tempat menyimpan tumpukan kayu dan plastik ludes terbakar pada pukul 03.30 WIB. Diduga munculnya api akibat adanya puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Baca juga: Pemadam Kebakaran Evakuasi Sarang Tawon Vespa di Sidayu Gresik

Kebakaran yang melalap rumah dan tempat penyimpan tumpukan kayu itu bermula pemilik rumah Ida Haji hendak tidur. Tiba-tiba pensiunan perawat itu mencium bau asap yang menyengat. Dalam hitungan detik, api langsung membesar membakar tumpukan kayu bercampur plastik yang berada di sekitar rumah.

Tak ingin dirinya celaka, Ida Haji meminta meminta tolong ke kepala desa. Kemudian laporan ini diteruskan ke petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarla) Kabupaten Gresik.

Kami menerima laporan ada kejadian kebakaran pukul 03.30 WIB. Setelah itu, ada delapan personel berangkat ke lokasi dengan mengendari satu unit mobil damkar. Selain itu juga satu unit mobil suplai air, ujar Kepala Damkarla Kabupaten Gresik, AH Sinaga, Minggu (15/1/2023).

Sinaga menceritakan, untuk memadamkan api yang berkobar pihaknya juga dibantu Damkar Kabupaten Lamongan. Pasalnya, lokasi tempat kejadian berdekatan dengan Kabupaten Lamongan. Kami juga dibantu petugas Damkar Kabupaten Lamongan. Petugas butuh waktu 1,5 jam untuk memadamkan api, ungkapnya.

Baca juga: Bus Mini Terbakar di Gate Tol Menanggal

Kejadian ini juga menyebabkan pemilik rumah mengalami kerugian ratusan juta rupiah. Ini karena seluruh bangunan yang terbuat dari kayu dan tempat penyimpanan milik korban ludes dilalap si jago merah.

Mengenai kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Meski api berhasil dipadamkan petugas terus memastikan titik api sudah padam, kata Sinaga.

Baca juga: Parkir Elektronik Dinilai Efektif, PAD Pemkab Gresik Diperkirakan Naik

Kapolsek Duduksampeyan AKP Bambang Angkasa membenarkan adanya kebakaran ini. Menurut Kapolsek, selama ini korban hidup sebatang kara di rumahnya, yakni Desa Pandanan, Kecamatan Duduksampeyan, Gresik.

Anggota kami yang bertugas di lapangan masih menyelidiki penyebab kebakaran. Dugaan sementara akibat puntung rokok yang dibuang di tempat penyimpanan kayu dan plastik, pungkasnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru