Kapan Partai Demokrat Secara Resmi Deklarasikan Anies Sebagai Calon Presiden?

Reporter : Uswatun Hasanah

Optika.id - Kamhar Lakumani selaku Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat membeberkan jika sejak 26 Januari lalu partainya sudah mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) untuk Pilpres 2024 nanti.

Baca juga: Berikut Nama-nama yang Akan Diusung Demokrat di Pilkada Serentak 2024!

Kendati pihaknya secara resmi belum mendeklarasikan seperti kedua parpol lainnya yang ada di Koalisi Perubahan yakni Partai Nasdem dan PKS.

Jalan lain yang berbeda ditempuh oleh Partai Demokrat. Berbeda dengan Partai Nasdem dan PKS, Partai Demokrat mengaku akan mendeklarasikan Anies secara resmi ketika koalisi sudah satu suara terkait dengan bakal calon wakil presiden (bacapres) untuknya.

Selanjutnya untuk deklarasi paripurna atau paket komplit akan dilakukan setelah Mas Anies menetapkan bacawapresnya. Jadi deklarasinya sudah satu paket bacapres dan bacawapresnya, ujar Kamhar dalam keterangannya di media, Selasa (28/2/2023).

Safari kebangsaan yang dilakukan oleh Anies ke berbagai pelosok wilayah Indonesia menurut Kamhar diikuti pula keterlibatan aktif pengurus dan kader partai di daerah yang hendak dikunjungi oleh Anies nantinya.

Baca juga: Pengamat Ungkap Anies Kandidat Pilgub Punya Kesuksesan Tinggi!

Ini semakin dipertegas lagi dengan sikap resmi Partai Demokrat mendukung Mas Anies Baswedan sebagai capres, telah diambil sebelumnya dan disampaikan ke publik pada tanggal 26 Januari yang lalu, ucapnya.

Sementara itu, saat ini dia mengaku jika partainya sedang sibuk membahas perihal secretariat bersama (Sekber) di Koalisi Perubahan. Kian hari menurutnya perkembangan dari koalisi tersebut semakin matang.

Untuk diketahui, Partai Nasdem sebelumnya resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres yang diusungnya pada Senin (3/10/2022) silam. Disusul oleh PKS yang baru-baru ini turut mendeklarasikan Anies sebagai bacapres yang diusungnya saat momentum Musyawarah Majelis Syuro ke VIII di Kantor DPP PKS.

Baca juga: Hasto Soal Pilkada Jakarta, Masukan Rakyat Masih Didengarkan!

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu dalam sambutannya meminta masukan dari berbagai pihak ketika mengusung Anies sebagai capres. Dia menyadari jika proses perjalanan untuk sampai ke tahap Pilpres 2024 akan panjang dan melalui jalan terjal. Namun dia optimis bahwa angin perubahan akan berhembus nanti.

Tak hanya itu, ia juga menyerukan agar para kader dan calon anggota legislatif (caleg) PKS dapat menyosialisasikan Anies hingga pelosok negeri.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru