Ratusan Warga Jember Tuntut Janji Politik Bupati Hendy

Reporter : Danny

Optika.id - Puluhan warga Kabupaten Jember melakukan aksi demonstrasi pada Senin (27/2/2023) mengkritisi kepemimpinan BupatiHendy Siswantodan wakilna, M. Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun). Menurut massa yang melakukan orasi, selama dua tahun pemerintahan Hendy-Gus Firjaun, masih ada janji-janji politik yang tak kunjung direalisasikan.

Baca juga: Janji Dana Desa 5 Miliar Cak Imin, Realistis Atau Utopis?

"Tepat dua tahun Hendy Siswanto menjadi penguasa Jember sejak dilantik sebagai Bupati Jember oleh Gubernur Jatim pada 26 Februari 2021, namun masih ada janji politik yang tidak kunjung menjadi kenyataan," kata koordinator aksi Kustiono di Pendapa Jember, seperti dikutip Optika.id, Senin (27/2/2023).

Kustiono menyampaikan, banyak persoalan tentang kemiskinan dan kasus kekerdilan (stunting) yang masih tinggi di Jember, padahal saat kampanye politik berjanji akan memperhatikan hal tersebut dengan serius.

"Data Kementerian Kesehatan dari Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022 menyebutkan Jember menempati urutan pertama di Jawa Timur dalam prevalensi balita stunting yakni 34,9 persen. Itu sangat memprihatinkan," tuturnya.

Selain itu, beberapa persoalan terkait infrastruktur dan dugaan nepotisme juga masih menjadi catatan masyarakat terhadap pemerintahan yang dipimpin Bupati Hendy selama dua tahun ini.

Baca juga: Melihat Obral Janji Cak Imin yang Tidak Rasional

Petugas memasang kawat berduri di depan pendapa dengan penjagaan ketat aparat kepolisian bersama Satuan Polisi Pamong Praja. Pengunjuk rasa hanya berorasi saja sambil membentangkan poster tuntutan.

Sehari sebelumnya, Bupati Jember Hendy Siswanto juga sempat meminta maaf apabila selama masa kepemimpinannya masih banyak kekurangan.

Hal ini disampaikannya saat mengadakan kegiatan doa bersama dan tasyakuran 2 tahun kepemimpinannya di Pendapa Wahyawibawagraha pada Minggu (26/2/2023) malam.

Baca juga: Menguji Janji Muluk Cak Imin

"Saya menyampaikan permohonan maaf apabila yang kami lakukan selama dua tahun ini masih tidak banyak dan tentu masih banyak kekurangan," ucap Hendy.

Meski demikian, Hendy mengklaim sejumlah pencapaian selama dua tahun kepemimpinannya bersama Gus Firjaun. Antara lain mengembalikan hak masyarakat Jember, hak para anggota dewan, hak birokrasi, serta mengembalikan hak para pegawai tidak tetap (PTT) dan guru tidak tetap (GTT).

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru