Mahfud MD: Pemilu Tahun 2024 Dipastikan Tak Ditunda!

Reporter : Danny

Optika.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MDmemastikan pemerintah telah mempersiapkan Pemilihan Umum 2024 (Pemilu 2024) dengan bersungguh-sungguh. Dengan demikian, Mahfud menegaskan tidak ada perpanjangan periode jabatan presiden maupun penundaan pemilu.

Baca juga: Gagal Maju Pilgub Jadi Hal Untung bagi Anies, Kok Bisa?

Pemilu akan dilakukan sesuai dengan kalender konstitusi. Lima tahun sekali. Tidak ada perpanjangan, tidak ada penundaan, ucap Mahfud dalam acara Cangkrukan Menkopolhukam bertajuk Tertib di Tahun Politik Menuju Indonesia Maju, dipantau di kanal YouTube Kemenkopolhukam RI oleh Optika.id, Selasa (28/2/2023).

Menkopolhukam juga memastikan berbagai instrumen telah dikerahkan pemerintah untuk memastikan Pemilu 2024 dapat terselenggara sesuai dengan jadwal yang telah disepakati pada 14 Februari 2024.

Saya salah seorang yang bertanggung jawab agar pemilu itu terlaksana dengan baik, tuturnya.

Mahfud juga mewaspadai adanya kecurangan pada pemilu mendatang. Menurut Mahfud, selalu terjadi kecurangan pemilu sejak era Orde Baru dan berlanjut di era Reformasi.

Baca juga: Besok, PDI-Perjuangan Akan Usung Risma Jadi Kandidat Cagub Jatim

Kalau era Orde Baru, itu kecurangan dilakukan pemerintah. Sekarang, curangnya antara peserta pemilu. Partai A mencurangi partai B, di tempat lain partai B mencurangi partai C, kata Mahfud MD.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu memandang perlu untuk menjadikan pemilu lebih tertib guna mencegah berbagai gangguan yang dapat menghambat terlaksananya pemilu. Untuk itu pemerintah, penyelenggara pemilu, peserta pemilu, dan masyarakat harus menjadi lebih tertib.

Nah, yang sekarang ini rebutan tidak karu-karuan, tidak tertib. Itu yang harus kita tertibkan ke depan karena reformasi ini sudah bagus hasilnya. Bagusnya bagaimana, sekarang kita bisa memilih orang sendiri. Mencalonkan orang sekarang boleh, kata Mahfud.

Baca juga: 100 Guru Besar UGM Nyatakan Sikap, Ingin KPU Jaga Marwah Jelang Pilkada

Isu penundaan pemilu telah berulang kali naik ke permukaan dengan beragam alasan. Teranyar, isu penundaan pemilu kembali mencuat setelah munculnya persoalan sistem pemilu proporsional terbuka maupun tertutup.

Meski demikian, beberapa kali pemerintah menyatakan sikap bahwa Pemilu 2024 akan berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama penyelenggara pemilu.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru