Semua Kader Demokrat Sepakat AHY Jadi Cawapres Anies

Reporter : Eka Ratna Sari

Optika.id - Partai Demokrat nampaknya ingin segera mengumumkan calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies Baswedan dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Baca juga: Balas Dendam Manis, Demokrat Tak Sabar Lihat Wajah Moeldoko di Parlemen

Selain itu, Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi satu-satunya kandidat yang diajukan oleh Partai Demokrat kepada Anies.

Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrat, Agust Jovan Latuconsina, mengungkapkan bahwa seluruh kader dan internal partai sepakat ingin AHY menjadi cawapres.

"Jika kita berbicara tentang cawapres dari sisi Partai Demokrat, dari internal, kita ingin Mas AHY menjadi cawapres," katanya, pada Jumat (9/6/2023).

Namun, Demokrat juga mengakui bahwa mereka akan mengikuti Piagam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), kata Jovan.

Baca juga: Demokrat ke Kabinet, Jokowi Wujudkan Mimpi SBY?

"Dalam piagam koalisi, jelas dinyatakan bahwa partai politik yang terlibat memberikan mandat kepada bakapres untuk memilih cawapresnya dengan lima kriteria yang telah ditentukan," ungkapnya.

Jadi, penentuan AHY, menurut Jovan, masih belum menjadi keputusan final mengingat hak mantan Gubernur DKI Jakarta untuk memilih wakilnya sendiri.

"Partai Demokrat akan memberikan keputusan kepada Mas Anies selama cawapres yang dipilih memenuhi lima kriteria tersebut dengan tujuan yang sama, yaitu untuk memenangkan pilpres," ujar politikus Demokrat tersebut.

Baca juga: Suara Demokrat di Jatim Anjlok, Emil Dardak: Tunggu Hasil Final

Hal yang terpenting, kata Jovan, tujuan akhirnya harus jelas, yaitu kemenangan dalam pilpres 2024.

"Kami ingin berpasangan untuk menang, karena tidak ada gunanya memilih kandidat jika tidak memenangkan pemilihan. Silakan Mas Anies memilih dengan mempertimbangkan kriteria tersebut dan meyakinkan koalisi bahwa kita akan menang," tegasnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru