Panda Nababan Sebut Anak Ingusan, Ibas: Gibran Bukan Anak Ingusan, Tapi Anak Pak Jokowi

Reporter : teguh imami

Optika.id PeluangGibran Rakabumingdalam bursa Calon Wakil Presiden (Cawapres)Pilpres 2024cukup potensial. Terlebih jika Mahkamah Konstitusi (MK) putuskan batas umur minimal Capres-Cawapres, yakni 35 Tahun.

Baca juga: Setara Institute: Prabowo-Gibran Akan Bawa Indonesia ke Otoritarianisme 2.0

Selama ini, Gibran yang kini menjabat Walikota Solo dinilai telah menunjukkan kinerja baik. Memaksimalkan potensinya dalam bekerja dan mengabdi sepenuh waktu atas masyarakatnya.

Gibran bukan anak ingusan, tapi anak Pak Jokowi. Bekerja dan mengabdi sepenuh waktu atas masyarakatnya. Juga punya pengalaman banyak, bukan hanya di politik dan pemerintahan, ujar Irvan Basri, Pendiri Kawan Perubahan (Indonesia Timur) dalam keterangan resminya, Kamis (29/6/2023).

Hal tersebut disampaikan Irvan menanggapi pernyataan Panda Nababan dalam dialog adu perspektif kerjasama kanal politik dan detik.com. Dalam obrolan ini, Panda dinilai menyinggung Gibran masih anak ingusan dan perlu belajar lagi.

Baca juga: Masyarakat Sipil Demo di KPU, Minta Paslon 02 Didiskualifikasi

Bagi Ibas, sapaan akrab Irvan Basri, pernyataan tersebut berlebihan dan tendensius. Dinilai sebagai sikap reaksioner buta. Bang Panda, mengabaikan fakta dan konteks zaman, tegasnya.

Selain itu, ia berpandangan bahwa sorotan yang dilontarkan tak sekadar menyerang Gibran, tapi juga menyasar kaum muda Indonesia. Ribuan politisi muda ada di Parlemen (DPR RI, DPD RI), struktur partai, dan jadi anggota DPRD (provinsi, kabupaten, kota).

Baca juga: Akademisi Unair: Khofifah Sosok Dibalik Suksesnya Prabowo-Gibran Dulang 65 Persen Suara di Jatim

Menurut Ibas, seharusnya MK putuskan syarat umur minimal 30 tahun. Sebab, umur minimal Anggota DPD RI dan DPR RI saja hanya 21 tahun. Dunia berubah cepat. Mayoritas pemilih tahun depan, kaum milenial. Mereka punya cara yang khas menilai figur pemimpin. Gibran mewakili segmen terbesar dalam Pemilu 2024, paparnya.

Irvan Basri juga ingatkan, jika Gibran tak sendiri. Kerjanya akan dibantu tim dan jejaring nasional yang telah dibangun secara mandiri selama ini.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru