Jokowi Selalu Promosikan IKN Tiap ke Luar Negeri, Politikus Demokrat Keheranan

Reporter : Eka Ratna Sari

Optika.id - Sikap yang ditunjukkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang secara intensif mempromosikan proyek Ibukota Negara (IKN) setiap kali melakukan kunjungan ke luar negeri, menuai keheranan dari Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon.

Baca juga: Jokowi Buka Suara Soal Dirinya Disebut Cawe-Cawe dalam Kabinet Prabowo-Gibran

Diketahui, Jokowi kembali terlihat menawarkan proyek IKN kepada para pengusaha Australia saat mengunjungi Hotel Shangri-La di Sydney.

"Apa yang terjadi Pak? Setiap kali berada di luar negeri, beritanya selalu seperti ini. Apakah presiden berikutnya juga harus melakukan hal serupa di masa depan?" ujar Jansen dalam cuitan di akun Twitter pribadinya @jansen_jsp, pada Selasa (4/7/2023).

Jansen terlihat gerah dengan tindakan Presiden Jokowi. Bahkan, ia curiga bahwa ada sesuatu yang tersembunyi di balik upaya Jokowi yang gencar "mengiklankan" proyek IKN setiap kali kunjungan ke luar negeri. Seperti ada pesan tersirat bahwa proyek ambisius tersebut menghadapi banyak masalah.

Baca juga: Trengginas Sebagai Oposisi, PDIP Akan Goyahkan Rezim Selanjutnya?

"Kepada Kementerian PUPR dan Badan Otorita: Jika memang ada masalah dengan proyek IKN ini setelah kalian melakukan evaluasi setelah pelaksanaannya, tolong berbicaralah dengan jujur agar kita semua tahu dan dapat melakukan tinjauan ulang. Lebih baik kita semua tidak terjebak dalam proyek IKN ini," tegas politikus Demokrat ini.

Menurutnya, ada berbagai mekanisme yang dapat digunakan untuk melakukan tinjauan ulang terhadap proyek IKN jika memang terdapat masalah.

Baca juga: Penyusunan APBN 2025 Tak Libatkan KPK, Anggaran Makan Siang Gratis Tak Diawasi?

Namun, langkah presiden dalam menawarkannya kepada para pengusaha saat kunjungan ke luar negeri jelas tidak dapat dibenarkan. "Dalam sistem hukum kita terdapat mekanisme tinjauan ulang, baik melalui lembaga yudikatif, legislatif, maupun eksekutif," tandasnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru