Anies-Cak Imin, Pasangan yang Memahami Pesantren dan Santri!

Reporter : Danny

Optika.id - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Anies Baswedan dan Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dinilai sebagai pasangan calon pemimpin bangsa yang paling memahami dunia santri dan pesantren dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Baca juga: Trending di X, Ini Maksud Dari Cap Tasya Farasya Approved untuk Anies

Hal ini diungkapkan oleh KH Abdul Mu'id Shohib atau sering disapa dengan Gus Mu'id yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren Assalamah Lirboyo Kediri Jawa Timur. Dia memberikan dukungan penuh untuk pasangan Anies dan Cak Imin (AMIN) di Pilpres 2024.

"Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menurut saya adalah yang paling mengerti dan memahami dunia santri dan pesantren, karena keduanya alumni pesantren. Bahkan Cak Imin masih keluarga pesantren," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (13/9/2023).

Karena itu, Gus Mu'id berpesan agar jika terpilih menjadi presiden dan wakil presiden, Anies dan Cak Imin harus memberi perhatian ekstra kepada pesantren.

"Pesantren harus menjadi perhatian pemimpin bangsa mendatang, termasuk Anies dan Gus Muhaimin jika terpilih. Perhatian negara (terhadap pesantren-pesantren) masih perlu peningkatan agar sejajar dengan institusi pendidikan dan lembaga keagamaan yang lain. Itu menjadi kewajiban negara dan pemimpin bangsa mengingat kontribusi pesantren sangat nyata bahkan sejak lahirnya NKRI hingga saat ini," terangnya.

Baca juga: Segelintir Elite Tak Peduli Isu Kekerasan Seksual, Anies Janji Akan Rubah Semuanya

Sebelumnya, dia juga mengapresiasi Anies dan Cak Imin yang melakukan ziarah ke makam para wali dan mengunjungi pesantren. Dia menilai kegiatan tersebut sebagai hal yang positif. Selain itu, kunjungan tersebut dianggapnya menunjukkan nilai tinggi keislaman dan kebinekaan Indonesia yang dianut pasangan Anies dan Cak Imin.

"Kegiatan ziarah Sunan Ampel di Surabaya yang dilakukan capres Anies ini memiliki makna pentingnya penguatan dakwah dengan kesejukan. Dakwah yang menyatu dengan kebudayaan. Dakwah yang mengedepankan prinsip 'bil hikmah'," papar Gus Mu'id.

Baca juga: Cak Imin: Indopol Tak Rilis Survei Itu Takut Bansos Warga Dicabut!

Di sisi lain, dia menekankan pencalonan Anies dan Cak Imin dapat membawa harapan baru bagi perubahan dan perbaikan Indonesia ke arah lebih baik.

"Anies dan Gus Muhaimin adalah dua orang tokoh bangsa yang cerdas, teruji oleh pengalaman, berani, dan menawarkan harapan baru untuk Indonesia," terang Gus Mu'id.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru