Seminggu Deklarasi, Anies-Cak Imin Peroleh Kenaikan Suara di Jatim

Reporter : Danny

Optika.id - Tingkat keterpilihan Anies Baswedan di Jawa Timur melonjak pascadeklarasi dirinya sebagai calon presiden berpasangan dengan Muhaimin Iskandar di Surabaya pada 2 September 2023 lalu.

Baca juga: Trending di X, Ini Maksud Dari Cap Tasya Farasya Approved untuk Anies

Berdasarkan temuan terbaru Politika Research and Consulting (PRC), elektabilitas capres dari Koalisi Perubahan ini naik menjadi 18,3 persen dari hasil survei di bulan April sebesar 14 persen.

Kami melakukan survei di tanggal 7, berarti dalam waktu seminggu sudah ada perubahan di angka 4,3 persen. Jadi menarik memang dalam waktu seminggu ada proses peralihan (suara ke Anies), jelas Direktur Eksekutif PRC Rio Prayogo dalam rilis survei PRC Jawa Timur Pasca Pengumuman AMIN yang digelar melaluizoomsiang ini, Minggu, (17/9/2023).

Dia menjelaskan naiknya tingkat keterpilihan Anies Basewdan tersebut juga terlihat dari semakin besarnya massa PKB mendukung Anies, yang berpasangan dengan ketua umum partai berbasis massa NU tersebut.

Terlihat sekali di sini ada kenaikan 22,4 persen pemilih PKB ke pasangan Anies-Muhaimin, ungkapnya.

Meski demikian, Anies masih berada di posisi ketiga. Urutan pertama tetap diduduki Ganjar Pranowo. Elektabilitas capres PDIP ini terbilang stabil dari 40,8 persen pada April menjadi 40,4 persen di September ini.

Baca juga: Segelintir Elite Tak Peduli Isu Kekerasan Seksual, Anies Janji Akan Rubah Semuanya

(Penurunan) angka 0,4 ini tidak signifikan mempengaruhi proses perubahan, sambungnya.

Prabowo Subianto masih berada di urutan kedua. Namun elektabilitas capres Gerindra ini anjlok dari 40,5 persen menjadi 32,3 persen. Meskipun (Prabowo) masih di posisi kedua, terjadi penurunan di angka 8 persen, tandasnya.

Sementara responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 9 persen.

Baca juga: Cak Imin: Indopol Tak Rilis Survei Itu Takut Bansos Warga Dicabut!

Hadir juga sebagai pembicara politikus PKB Jazilul Fawaid, politikus Golkar M. Sarmuji, politikus Gerindra Andre Rosiade, dan peneliti BRIN Wasisto Raharjo.

Survei PRC ini digelar pada 7-12 September 2023 lalu. Survei dengan total responden di Jawa Timur yang berhasil diwawancara 1.200 orang denganresponse rate100 persen. Sementaramargin of errordari survei ini sebesar 2,7 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru