Anies Beberkan Komitmen untuk Tetap Bangun Lingkungan Hidup!

Reporter : Danny

Optika.id - Bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan menyampaikan tetap komitmen pembangunan ramah lingkungan dan soal lingkungan hidup akan menjadi prioritas utama dirinya jika menjadi Presiden RI.

Baca juga: Pilgub DKI Jakarta 2024: Muncul Nama Anies Baswedan, Ridwan Kamil Sampai Risma

Jadi itu komitmen kita, dalam kampanye kita akan sampaikan ini. Tadi saya bilang bahwa dalam perjalanan kebijakan masyarakat menganggap ini penting, tapi begitu sampai pemilu belom tentu ini jadi agenda utama, ucap Anies kepada media ditemui usai menjadi pembicara dalam forum Indonesia Energy Transition Dialogue 2023 di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, (18/9/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menganggap penting pada pembangunan lingkungan hidup. Tapi kami merasa ini dianggap penting atau tidak bagi masyarakat luas, bagi kami ini isu penting yang harus diperhatikan, katanya.

Dia terus berkomitmen mengerjakan pembangunan ramah lingkungan. Pasalnya pembangunan itu sudah dikerjakan kemarin akan terus dikerjakan. Oleh karena itu, jika memimpin Indonesia, hal yang sama akan dilakukannya dalam lingkup yang lebih luas.

Kita siap menyampaikan terus menerus kepada publik. Ketika ada panggilan untuk menyampaikan gagasan, rekam karya, rekam capaian. Maka kami siap datang untuk mengirimkan pesan kepada semua bahwa lingkunan hidup itu bukan sekadar tema untuk pengetahuan tapi ini adalah tema untuk dilaksanakan, ujarnya.

Anies memaparkan lima pilar akselerasi transisi energi dalam upaya mewujudkan energi yang memanusiakan. Lima pilar tersebut bakal di bawa ke KPU saat pendafatraan Capres-Cawapres 2024.

Baca juga: Ini Prediksi Pakar Soal Putusan MK pada Sengketa Hasil Pilpres 2024

Nanti kita akan outline ketika diserahkan ke KPU. Tadi saya sampaikan bahwa ada lima pilar, nanti lima pilar itulah yang akan dikerjakan, imbuhnya.

Sebelumnya, Bacapres Anies menjadi narasumber dalam acara bertajuk Indonesia Energy Transition Dialogue 2023 di salah satu hotel di Jakarta Selatan, Senin 18 September 2023. Dalam acara tersebut Anies menyampaikan tema tentang Energi Yang Memanusiakan.

Dalam paparan itu, Anies menegaskan isu iklim dan agenda pembangunan ramah lingkungan selamanya akan menjadi prioritasnya. Isu tersebut akan dia sampaikan secara terus menerus kepada publik sebagai ikhtiar merawat bumi dan alam Indonesia. Tak peduli jika pihak lain menganggap isu lingkungan bukan prioritas utama.

Baca juga: Anies Ngaku Belum Lebaran dengan Cak Imin, Jadwal Padat?

Bagi kami, sekarang energi yang didorong bukan lagi energi terbarukan, tapi energi yang memanusiakan, ujar Anies.

Berikut lima pilar akselerasi transisi energi dalam upaya mewujudkan energi yang memanusiakan. Yaitu, tata kelola yang holistik dan berkesimbungan, kolaborasi antar stakeholder, inovasi pendanaan, transisi energi berkeadilan, serta intervensi pada demand dan supply.

Lima pilar inilah yang perlu menjadi perhatian dalam mewujudkan energi yang memanusiakan. Termasuk yang pernah kami lakukan saat bertugas di Jakarta dalam sistem transportasi melalui program JakLingko, tutup Anies.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru