Hadir di Acara ndonesian’s Leaders Talk, Anies Ingin Tumbuhkan Kesejahteraan dan Keadilan Negara

Reporter : Danny

Optika.id - Bakal Calon Presiden Anies Baswedan menjelaskan, gagasan perubahan ia tawarkan bukan dimaksudkan sebagai antitesa penguasa. Hal itu diucapkan saat menjawab pertanyaan dari Ahmad Fauzan, mahasiswa dari Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin (Unhas) dalam acaraIndonesians Leaders Talk: Bedah Gagasan dan Visi Pemimpin Bangsa yang diselenggarakan di Gedung Baruga Andi Pangeran Pettarani Universitas Hasanuddin, Makassar pada Minggu, (24/9/2023).

Baca juga: Pilgub DKI Jakarta 2024: Muncul Nama Anies Baswedan, Ridwan Kamil Sampai Risma

Bung Fauzan, terima kasih atas pertanyaannya. Pertanyaan Anda kalau boleh saya sampaikan, yang mau ditawarkan bukan antitesa karena ini kita bukan dalam rangka antitesis kepada siapapun yang ada sebelumnya, kata Anies, dikutipdari kanal Youtube Universitas Hasanuddin, Minggu, (24/9/2023).

Selanjutnya, Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu memaparkan bahwa setiap lima tahun sekali bangsa Indonesia berhenti sejenak untuk mengkalibrasi kompas tujuan berbangsa dan bernegara, apakah sudah segaris dengan cita-cita proklamasi kemerdekaan Indonesia, yakni meraih adil dan makmur.

Dan ketika dikerjakan, ada yang sifatnya sintesa, ada sifatnya antitesa. Tapi itu kesimpulan pengamat. Bagi kita arahnya tetap ke depan, lanjut ayah dari empat orang anak itu.

Kemudian saat menjawab pertanyaan berikutnya ihwal konsentrasi tujuan perubahan pada keadilan sosial bukan kemanusiaan yang adil dan beradab, Pendiri Indonesia Mengajar itu memaparkan, tujuan kemerdekaan adalah untuk menghadirkan keadilan sosial.

Ketika kita di bawah kolonialnggakadil. Pemerintahnya Belanda yang kaya negeri Belanda. Di sini juga di bawah mereka, tapi yang di sininggakmakmur. Negeri Belandanya makmur.Nah, kemudian kita memilih untuk menggulung kolonialisme itu dan tugas kita menggelar kesejahteraan dan keadilan. Jadi tujuanultimate-nya itu, tandasnya

Baca juga: Ini Prediksi Pakar Soal Putusan MK pada Sengketa Hasil Pilpres 2024

Lebih jauh, mantan rektor termuda saat memimpin Universitas Paramadina, Jakarta itu mengatakan, pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 itu diwujudkan dalam bentuk lima sila. Menurutnya, ujung kalimat yang terpenting adalah sebuah janji menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Itulah tujuan pertama dan utama, tambahnya.

Lalu ketika ditanyakan soal solusi konkret terkait sektor kehutanan yang mengalami degradasi akibat turunnya devisa negara dan deforestasi akibat penggundulan hutan, Anies menjawab perlu dilakukan reforestasi dan kompensasi.

Kita harus lakukan reforestasi. Tapi ini harus dilakukan dengan memperhitungkan kompensasiemployment,kompensasisource of economic growth, sehingga kawasan yang semula dieksploitasi ketika dilakukan penghijauan kembali maka perekonomian di tempat itu ada kompensasinya, pungkas calon presiden yang namanya tercatat di dalam daftar 100 Tokoh Intelektual Dunia.

Baca juga: Anies Ngaku Belum Lebaran dengan Cak Imin, Jadwal Padat?

Diketahui, acaraIndonesians Leaders Talkyang menghadirkan narasumber tunggal Anies Baswedan dikhususkan untuk mahasiswa Universitas Hasanuddin yang melakukan registrasi melalui Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan di Fakultas masing-masing. Dalam paparannya, Anies menawarkan gagasan tentang Satu Indonesia Satu Ekonomi. Menurutnya, jika dulu para pendiri bangsa memperjuangkan gagasan Satu Bahasa, Satu Nusa, dan Satu Bangsa, maka tugas generasi sekarang adalah memperjuangkan Satu Indonesia, Satu Ekonomi.

Artinya setiap keluarga harus bisa memenuhi kebutuhan pokok, bisa menabung, bisa merencanakan masa depan, jelas Anies.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru