Kala Anies-Cak Imin di Makassar, Akademisi: Dongkrak Menuju Puncak Klasemen Elektabilitas

Reporter : Danny

Optika.id - Akademisi Dr. Edi Sugianto mengatakan, hasil survei para kandidat untuk Pilpres 2024 masih sangat dinamis. Oleh karenanya, menurutnya, hasil survei itu tak bisa jadi acuan untuk kemenangan di pesta demokrasi lima tahunan.

Baca juga: Trending di X, Ini Maksud Dari Cap Tasya Farasya Approved untuk Anies

Hal tersebut disampaikan usai adanya fenomena lautan massa menyambut kedatangan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam meramaikan jalan gembira di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu, (24/9/2023).

Hasil survei itu sangat dinamis, bisa saja kemarin peringkat ketiga, sekarang jadi puncak klasemen (elektabilitas), katanya saat dihubungi, Senin, (25/9/2023).

Menurut jebolan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) itu, sebelum surat suara sah dihitung oleh KPU, maka tak ada yg bisa memastikan kemenangan, begitupun dengan hasil lembaga survei elektabilitas.

Baca juga: Segelintir Elite Tak Peduli Isu Kekerasan Seksual, Anies Janji Akan Rubah Semuanya

Ibarat klasemen sepakbola, sebelum akhir musim tidak ada tim yang bisa memastikan dirinya menang, ujarnya.

Diketahui, fenomena lautan massa menyambut kedatangan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam meramaikan jalan gembira di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu, 24 September 2023 kemarin.

Baca juga: Cak Imin: Indopol Tak Rilis Survei Itu Takut Bansos Warga Dicabut!

Dua tokoh dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan ini datang menyapa jutaan massa yang memadati kawasan Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Makassar.

Fenomena itu pun disebut kontradiktif dengan hasil survei yang dilakukan beberapa lembaga, yang menempatkan duet Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di urutan bawah dari Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru