Ganjar di Sarasehan 100 Ekonom, Terangkan Permasalahan Ekonomi Indonesia

Reporter : Danny
CNBC/Faisal Rahman

Optika.id - Ganjar Pranowo, Calon Presiden Republik Indonesia mengungkapkan beberapa persoalan yang harus dibereskan segera. Salah satunya adalah infrastruktur tidak bisa termanfaatkan oleh masyarakat.

"Kalau Infrastruktur 10 tahun Pak Jokowi sudah lakukan itu. Tapi ada protes kenapa bandara sepi? Utilisasinya harus kita lakukan," ungkap Ganjar dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia yang diselenggarakan oleh INDEF dan CNBC Indonesia, Rabu (8/11/2023).

Baca juga: Ganjar Ungkap Anak Muda Harus Belajar Kepemimpinan Soekarno, Apa Itu?

Pemanfaatan infrastruktur bisa terjadi ketika ada permintaan dari masyarakat. Misalnya itu adalah bandara, ketika menghubungkan kota dan desa maka harus ada masyarakat yang naik baik dari kedua tempat itu. Ekonomi desa dan kota harus sama-sama tumbuh.

Baca juga: Ganjar Sebut Saat Ini Hanya Fokus Pemenangan Pilkada untuk PDIP!

Kemudian adalah industri yang belum optimal. Komoditas andalan Indonesia, seperti mineral, kelapa sawit, hingga karet belum dikelola dengan benar. Sehingga yang dijual masih mentah dan setengah jadi. "Komoditas dari industrialisasi itu akhirnya komersialisasi," imbuhnya.

Baca juga: PDIP Tugaskan Ganjar untuk Pemenangan Pilkada Serentak

Langkah yang bisa ditempuh adalah dengan efisiensi dan efektivitas dalam investasi. Kemudian kolaborasi antara industri lokal dan global. "Kita diskusi dengan peneliti, misal BRIN, itu minta dorong biaya riset bisa lebih tinggi. Tentu saja ini tidak bisa jalan kalau tak ada kepastian hukum," papar Ganjar.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru