Survei Litbang Kompas, Pihak Ganjar-Mahfud Menyedihkan

Reporter : Danny

Optika.id - Pegiat media sosial Rudi Valinka menilai hasil survei Litbang Kompas terhadap pasangan calon (paslon) nomor urut tiga dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sangat meremehkan.

Rudi mengingatkan pernyataan bahwa survei yang kredibel adalah Litbang Kompas, namun kini hasil untuk Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sangat diserap dengan elektabilitas 15,3 persen.

Baca juga: Gagasan Tangani Isu Keperempuanan Capres Tidak Menyentuh Akar Masalah

Bahkan elektabilitas Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dikalahkan oleh paslon nomor urut satu dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) dengan 16,7 persen.

Hasil Survey Indikator, LSI dan sebagainya: kita gak percaya ini survey Bayaran.. kita hanya percaya survey Kompas. ," ucap Rudi dikutip populis.id dari akun X pribadinya, Rabu, (13/12/2023).

Untuk diketahui, dalam jejak pendapat Litbang Kompas Desember 2023 menunjukkan paslon nomor urut dua dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berada di posisi puncak.

Prabowo Subianto dan Gibran meraih elektabilitas 39,3 persen dalam survei yang digelar pada 29 November hingga 4 Desember 2023 itu. 

Baca juga: Hasto Ungkap Mahfud Lebih Percaya Diri, Beliau Punya Pengalaman

Pasangan Prabowo-Gibran unggul di hampir semua kategori sosio-demografis responden, tulis peneliti Litbang Kompas Bambang Setiawan, dikutip dari Harian Kompas, Selasa, (12/12/2023).

Bambang mengatakan Prabowo-Gibran unggul pada pemilih perkotaan dan perdesaan dari laki-laki maupun perempuan. Suara untuk Prabowo-Gibran juga lebih tinggi di hampir semua kelompok pemeluk agama, tulis Bambang.

Kemudian posisi kedua adalah paslon nomor urut satu dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) dengan suara 16,7 persen, lalu disusul paslon nomor urut tiga dari PDIP Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan 15,3 persen.

Baca juga: Zulhas Ungkap Gibran Terbiasa Debat, Sudah Sangat Siap

Survei pada Litbang Kompas dilakukan dengan 1.364 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia.

Tingkat kepercayaan dalam metode tersebut 95 persen dengan margin of error lebih kurang 2,65 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana serta dibiayai sepenuhnya oleh Harian Kompas.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru