Geser Investasi ke Padat Karya, Cak Imin Ingin Anak Muda Dapat Pekerjaan

Reporter : Danny

Optika.id - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin ingin menggeser investasi menjadi lebih banyak padat karya agar banyak menyerap tenaga kerja. Ia juga ingin investasi menjadi lebih transparan agar bisa berdampak ke usaha kecil dan menengah (UKM).

"Kita perlu menggeser investasi menjadi padat karya yang bisa melibatkan seluruh anak bangsa ini mendapatkan pekerjaan. Di sisi lain di lain halnya investasi yang transparan akan membuka akses usaha kecil dan menengah untuk terlibat dalam proses investasi yang masuk ke dalam negeri maupun yang ada di masyarakat," kata Cak Imin dalam Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

Baca juga: Idul Fitri Pertama, Anies Akan Openhouse di Rumahnya!

Ia kemudian bicara bagaimana cara agar investasi bisa masuk ke UMKM, dengan meningkatkan produksi. Dalam hal ini, menurutnya pemerintah bertanggung jawab untuk meyakinkan investor.

Baca juga: Cak Imin Akan Maju Pilgub Jatim 2024, Siap Lawan Khofifah?

"Kedua, agar investasi bisa masuk buat kalangan UMKM dan pelaku usaha kecil maka kita harus buatkan kapasitas dan kualitas produksi dari UMKM kita sekaligus tanggung jawab pemerintah ini meyakinkan sekaligus memberi fasilitas kemampuan pemasaran untuk meyakinkan para calon investor baik di dalam negeri maupun dari luar negeri," ujarnya.

Lebih lanjut, Cak Imin mengatakan yang terpenting adalah jaminan bahwa investasi tidak disalahgunakan. Dalam hal ini, hukum harus ditegakkan agar meningkatkan kepercayaan.

Baca juga: Pasangan AMIN Peroleh Dukungan dari Kiai Thoifur

"Yang paling penting kepastian hukum termasuk di dalamnya adalah jaminan akan investasi tidak akan disalahgunakan atau tidak menjadi beban baru dalam artian investasi mengandung kecurigaan kerugian yang itu diakibatkan kepercayaan yang menurun. Kredibilitas pemerintah, hukum harus ditegakkan untuk menjalin trust," tuturnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru