Soal Investasi, Cak Imin Tegaskan Perlu Kepastian Hukum

Reporter : Danny

Optika.id - Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), bicara soal strategi meningkatkan investasi. Cak Imin mengatakan perlu ada kepastian hukum untuk meningkatkan investasi.

"Kontribusi usaha menengah terhadap ekonomi kita sebesar 13 persen, Thailand mencapai 18 persen, Singapura 22 persen, pertanyaan bagaimana strategi paslon meningkatkan investasi untuk usaha menengah dan mendorong usah kecil naik kelas?" tanya moderator dalam debat Cawapres di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

Baca juga: Idul Fitri Pertama, Anies Akan Openhouse di Rumahnya!

Cak Imin mengatakan investasi merupakan salah satu hal penting untuk pertumbuhan ekonomi. Dia mengatakan meningkatkan investasi akan masuk jika ada kepercayaan dari investor.

"Investasi salah satu paling penting untuk pertumbuhan ekonomi, dan investasi tidak akan ada masuk apabila tidak kita bangun trust, kepercayaan internasional, kepercayaan dalam negeri. Dengan apa? Dengan kepastian hukum dan terjaganya kestabilan usaha di masyarakat kita," ucap Cak Imin.

Dia mengatakan investasi saat ini masih tertutup. Cak Imin mengatakan dirinya dan Anies Baswedan ingin investasi bergeser dari padat modal ke padat karya.

Baca juga: Cak Imin Akan Maju Pilgub Jatim 2024, Siap Lawan Khofifah?

Dia juga menyebut investasi yang transparan akan membuka akses pada usaha kecil menengah. Cak Imin juga menyebut UMKM harus diperkuat kapasitas produksinya agar investor mau masuk.

"Kita harus kuatkan kapasitas dan kualitas produksi dari UMKM kita," ucapnya.

Baca juga: Pasangan AMIN Peroleh Dukungan dari Kiai Thoifur

Dia mengatakan pemerintah juga harus memberi fasilitas pemasaran untuk meyakinkan investor. Dia kembali mengingatkan pentingnya kepastian hukum dan jaminan investasi tidak disalahgunakan.

"Kredibilitas pemerintah, hukum harus ditegakkan untuk membangun trust agar semua yang investasi merasa aman," ucapnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru