Lembaga Analisis Sebut SGIE Beri Sentimen Negatif di Medsos untuk Gibran

Reporter : Eka Ratna Sari

Optika.id - Lembaga analisis media sosial Drone Emprit menyebut istilah State of the Global Islamic Economy (SGIE) yang ditanyakan oleh Gibran Rakabuming Raka berbuah sentimen negatif bagi Calon Wakil Presiden (Cawapres) pendamping Prabowo tersebut. Founder Drone Emprit Ismail Fahmi mencuitkan hasil olah data dan analisisnya terkait percakapan warganet di platform X selama istilah tersebut muncul dalam periode waktu 22-23 Desember 2023.

Dilansir dari CNN Indonesia, Ismail Fahmi mencatat bahwa ada lebih dari 35.500 mention terkait SGIE, dan mayoritasnya, sekitar 71 persen, mengungkapkan sentimen negatif terhadap Gibran. "Dari total 35.500 mention, 71 persennya memiliki sentimen negatif, 24 persen positif, dan 5 persen netral. Jumlah akun X yang terlibat dalam percakapan ini minimal 18.200 akun," jelas Ismail.

Baca juga: Setara Institute: Prabowo-Gibran Akan Bawa Indonesia ke Otoritarianisme 2.0

Menurut analisis Drone Emprit, penggunaan istilah SGIE tanpa penjelasan memberikan sentimen yang sangat negatif terhadap Gibran. Ismail juga menyoroti klaster besar yang terbentuk dari netizen yang cenderung pro-AMIN, pro-Mahfud MD, dan netral.

Dari klaster yang terbentuk, tidak terlihat adanya perdebatan yang signifikan terkait pembahasan SGIE. "Secara keseluruhan, netizen melihat penggunaan istilah SGIE ini negatif terhadap Gibran," tambahnya.

Baca juga: Masyarakat Sipil Demo di KPU, Minta Paslon 02 Didiskualifikasi

Drone Emprit juga menyoroti opini netizen yang mengkritik Gibran karena mengajukan pertanyaan di luar konteks dan dianggap tidak penting. Sebagian netizen juga menilai bahwa Gibran tidak memperhatikan relevansi pertanyaan dan hanya mencari ketidaktahuan lawan.

Beberapa netizen merasa bahwa Gibran kurang memahami pertanyaannya dan terlihat kesulitan dalam menjawabnya tanpa persiapan. Ada pula yang merasa penggunaan istilah SGIE hanyalah sebuah istilah kosong.

Baca juga: Akademisi Unair: Khofifah Sosok Dibalik Suksesnya Prabowo-Gibran Dulang 65 Persen Suara di Jatim

Istilah SGIE menjadi topik yang hangat setelah Gibran mengajukan pertanyaan kepada Muhaimin Iskandar, cawapres nomor urut satu, dalam Debat Cawapres Pemilu 2024.

Gibran menjelaskan bahwa SGIE berhubungan dengan Indonesia dalam 10 besar dalam beberapa aspek ekonomi Islam, tetapi Cak Imin mengaku tidak pernah mendengar istilah tersebut sebelumnya. Gibran kemudian menanyakan langkah Cak Imin bersama Anies Baswedan dalam memperkuat posisi Indonesia dalam hal tersebut.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru