AMIN Yakin Jawa Tengah Bukan Lagi ‘Kandang Banteng’: Nuansa Perubahan Semakin Terasa

Reporter : Eka Ratna Sari

Optika.id - Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN), paslon nomor urut 1 Pilpres 2024, merasa yakin akan mendapatkan dukungan besar di Jawa Tengah.

Hal ini karena mereka melihat semakin banyak masyarakat yang menghendaki perubahan.

Baca juga: Netizen Respon Upaya Anies Dirikan Partai, Ini Penjelasannya!

Saya rasa nuansa perubahan itu semakin terasa. Menginkan perubahan. Dan itu kemudian menonjol, ujar Anies setelah menghadiri acara Istighosah Kubro Masyayich & Alumni Pondok Pesantren di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023).

Jadi kami melihat, pesan perubahan itu menjangkau semua. Kalau dibilang Jateng, Jateng ini tempat yang bisa dibilang bervariasi sebetulnya bukan hanya satu partai, lanjutnya.

Anies mengakui ada beberapa daerah yang didominasi oleh PDIP. Namun, ia menegaskan bahwa Jawa Tengah bukan milik satu partai saja, karena PKB juga memiliki kekuatan dan dukungan yang besar di provinsi tersebut.

Bukan satu Provinsi didominasi oleh satu partai. PKB ini punya kekuatan yang tidak kalah besar di Jateng. jadi kami makin optimis dalam beberapa perjalanan hari ini bahwa perubahan itu kuat sekali, kata Anies.

Di sisi lain, Cak Imin juga mengungkapkan hasil perjalanannya bertemu warga yang semakin memperkuat pandangan untuk perubahan.

Ia mengatakan bahwa kondisi kesulitan yang dialami masyarakat membuat mereka menginginkan perubahan.

Dan ini mas, Jawa itu cenderung kalau hidupnya susah nggak protes, menerima nrimo ing pandum (menerima segala bentuk pemberian), ucap Cak Imin.

Tapi begitu dikasi tahu perubahan ya maksudnya itu. Artinya apa? Silent hope, harapan yang diam ini hari ini mulai muncul di mana mana. Jawa Tengah ini insya Allah harapan perubahan mulai kelihatan sudah tidak dilihat partai apapun, tambahnya.

Baca juga: Tokoh Masyarakat Ingin Anies Terus Jadi Pemimpin Perubahan untuk Indonesia

Sebelumnya, Paslon Pilpres 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN), melanjutkan kampanye di Jawa Tengah. Keduanya kini mengunjungi istighosah kubro alumni pondok pesantren Lirboyo di Semarang.

Cak Imin, cawapres nomor urut 01, menyampaikan bahwa alumni ponpes Lirboyo memiliki peran penting bagi bangsa dan umat.

Ada yang jadi Rais Syuriah NU, se Indonesia itu hampir jumlahnya gak bisa dibayangkan. Syuriah NU itu adalah alumni Ponpes Lirboyo, tutur Cak Imin di lokasi, Minggu (24/12/2023).

Ia juga menambahkan bahwa alumni Lirboyo yang berjumlah puluhan ribu akan berpengaruh terhadap suara AMIN di Pilpres 2024.

Ini kekuatan besar yang akan memenangkan AMIN karena kotalitas, dedikasi dan kecintaan para guru-guru Lirboyo, ujarnya.

Baca juga: Meski Tak Ikut Kontestasi Pilgub, Pengamat Prediksi Karier Anies Tak Meredup!

Tidak hanya itu, Cak Imin juga menyebut bahwa dukungan para alumni ponpes juga datang dari ponpes lainnya.

Kemarin dapat tambahan dari (ponpes) Tebu Ireng, Kiai Mustain Romly mendeklarasikan diri Gianyar Jombang. Insyaallah semuanya akan menjadi kompak seluruh ponpes-ponpes kita, katanya.

Ia juga mengatakan bahwa ponpes yang mendukung AMIN tidak terbatas di satu provinsi saja.

Bukan hanya Jatim, ada Jawa Tengah itu juga sudah bersama Insyaallah pesantren-pesantren besar sudah menjadi satu hati dengan AMIN. Ini meringankan langkah kita tinggal segmen-segmen lain ya, pungkasnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru