Gibran Dorong Kerjasama Pentahelix untuk Kelola Sumber Daya Alam, Janjikan Transisi Energi Hijau

Reporter : Eka Ratna Sari

Optika.id - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah, akademisi, pelaku usaha, masyarakat, dan media dalam mengelola sumber daya alam Indonesia yang melimpah. Hal itu disampaikannya dalam debat cawapres keempat yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam.

Gibran, yang berpasangan dengan calon presiden Prabowo Subianto, mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar, baik di sektor pertanian, perikanan, maupun energi. Namun, untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensi tersebut, diperlukan kerjasama yang sinergis dan harmonis antara berbagai pihak.

Baca juga: Bawaslu Tangani 46 Kasus Dugaan Pelanggaran Pidana Pemilu 2024

Kerjasama pentahelix wajib untuk didorong, kata Gibran.

Gibran juga mengatakan bahwa pihaknya akan mendorong transisi energi hijau untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil yang tidak ramah lingkungan. Ia mencontohkan pengembangan bioavtur, biodiesel, dan bioethanol yang sudah dilakukan oleh pemerintah saat ini.

Baca juga: Ahmad Labib, Wajah Baru Golkar yang Lolos ke Senayan dari Dapil Jatim X

Untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil, pihaknya akan dorong transisi menuju energi hijau, seperti bioavtur, biodiesel dan juga bioethanol, yang sudah dilakukan meliputi biaya B35 dan B40, jelasnya.

Selain itu, Gibran menuturkan bahwa Indonesia memiliki sumber daya energi baru terbarukan yang luar biasa, seperti energi surya, angin, air, bioenergi, dan panas bumi. Ia berjanji akan meningkatkan pemanfaatan dan pengembangan energi-energi tersebut untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup.

Baca juga: Rekapitulasi Pemilu 2024 Tingkat Kota Surabaya Dimulai Besok

Potensi energi baru terbarukan kita juga luar biasa sekali. Bisa mencakup 3.686 gigawatt, yang meliputi energi surya, angin, air, bioenergi, dan juga panas bumi. Kita harus optimalisasi dan kembangkan energi-energi ini untuk kepentingan rakyat dan negara, tutup Gibran.

Debat cawapres keempat ini mengusung tema energi, sumber daya alam, sumber daya manusia, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat. Debat ini dipandu oleh dua moderator perempuan, yaitu Retno Pinasti dari SCTV dan Zilvia Iskandar dari Metro TV.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru