Cak Imin Sindir Soal MK, Gibran: Gitu Dong Gak Tegang

Reporter : Danny

Optika.id - Cawapres nomor 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) saling sindir dengan Cawapres nomor 2 GibranRakabuming Raka di panggung Debat Pilpres 2024. Gibran menyebut Cak Imin kini tidak terlalu tegang dibandingkan saat debat Cawapres perdana.

"Nah gitu dong Gus, jangan terlalu tegang kayak waktu debat Cawapres pertama kemarin," kata Gibran dalam Debat Pilpres 2024 di Jakarta, Minggu (21/4/2024).

Baca juga: Merapat ke Gerindra, PKB Dukung RK di Pilgub DKI Jakarta!

Momen itu disampaikan Gibran untuk mengawali sesi tanggapannya atas pemaparan Cak Imin. Cak Imin sebelumnya juga menyinggung soal catatan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Saya catat sedikit yang penting ini bukan Mahkamah Konstitusi," ujar Cak Imin.

Di sesi sebelumnya, Gibran juga menyinggung Cak Imin membaca catatan saat menjawab pertanyaan panelis tentang langkah mengatasi permasalahan pangan akibat perubahan iklim.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin ke Gibran: Kerja dengan Baik, Tantangan Tak Mudah!

"Enak banget ya, Gus, ya, jawabnya sambil baca catatan tadi. Kuncinya di sini adalah eksistensifikasi dan intensifikasi lahan," kata Gibran saat menanggapi jawaban Cak Imin dalam debat cawapres.

Menurut Gibran salah satu upaya dalam mengatasi masalah pangan adalah membangun pabrik pupuk. Hal itu, kata dia, telah dilakukan di Fakfak, Papua Barat.

"Kemarin tahun lalu kita sudah bangun pabrik pupuk di Fakfak, kuncinya untuk meningkatkan produktivitas ya kita harus genjot kawasan industri pupuk. Kita dekatkan pupuknya dengan lahan-lahan pertaniannya, kuncinya pupuk, dan pupuk harus didekatkan dengan lahan-lahan pertanian, otomatis produktivitas akan meningkat," kata Gibran.

Baca juga: Gibran Garis Keras (GGK) Dukung Fandi Utomo Bersaing di Pilbup Sidoarjo

Cak Imin kemudian memberikan tanggapan atas pernyataan Gibran. Cak Imin menilai apa yang dikatakan Gibran hanya mengulangi apa yang telah dia jelaskan.

"Terima kasih, Pak Gibran, yang Anda sampaikan mengulang apa yang saya sampaikan. Saya ingin memperdalam lagi bahwa petani kita potensinya besar sekali. Jumlah petani kita masih sangat besar, potensi tanah kita subur masih banyak lagi," tutur Cak Imin.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru