Banyak Pelanggaran! TPS di Jatim Akan Gelar PSU, Surabaya Terbanyak

Reporter : Eka Ratna Sari

Surabaya (optika.id) - KPU Jatim mengumumkan bahwa ada 32 TPS di beberapa kabupaten/kota di Jatim yang akan melakukan PSU karena ada pelanggaran dalam Pemilu. Insan Qoriawan, Komisioner KPU Jatim Divisi Teknis Penyelenggaraan, mengatakan bahwa Bangkalan, Madura, memiliki 12 TPS yang akan PSU, terbanyak di Jatim.

Selain itu, ada sepuluh TPS di Surabaya, satu TPS di Kota Madiun, dua TPS di Kota Probolinggo, empat TPS di Malang, dan satu TPS di Jombang, Sampang, dan Trenggalek, kata Insan pada Senin 19 Februari 2024.

Baca juga: Rapat Pleno Rekapitulasi Nasional Pemilu 2024 Ditunda, Kenapa?

Insan menjelaskan, PSU akan berlangsung paling lama sepuluh hari setelah pemungutan suara pada 14 Februari, atau paling lambat hingga 24 Februari 2024. Insan mengatakan, PSU dilakukan karena ada pelanggaran atau kesalahan saat pemungutan suara. Misalnya, di salah satu TPS di Surabaya, ada kesalahan distribusi surat suara yang menyebabkan pertukaran dengan Dapil lain, sehingga harus PSU.

Baca juga: Bawaslu Tangani 46 Kasus Dugaan Pelanggaran Pidana Pemilu 2024

Di sisi lain, KPU Kota Surabaya sudah mengajukan permohonan PSU untuk sepuluh TPS di Kota Pahlawan. Nur Syamsi, Ketua KPU Kota Surabaya, mengatakan bahwa sepuluh TPS itu diusulkan untuk PSU pada Sabtu 24 Februari 2024, hari terakhir batas waktu PSU sesuai regulasi.

Kami berencana PSU pada tanggal 24 Februari, hari terakhir setelah sepuluh hari pemungutan suara pada tanggal 14 Februari. Namun, ini masih dalam proses pengajuan keputusan pimpinan KPU, kata Syamsi.

Baca juga: Pemungutan Suara Ulang Pemilu 2024, Ini Dampaknya

Syamsi menambahkan, pihaknya masih menunggu keputusan dari KPU RI tentang rencana PSU itu, apakah akan disetujui atau dimajukan dari tanggal yang diusulkan.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru