Pengamat: Anies Tanpa PAN, Kontestasi Pilgub Masih Berjalan!

Reporter : Danny

Yogyakarta (optika.id) - DPP PAN siap memberikan dukungan kepada Anies Baswedan pada Pilgub Daerah Khusus Jakarta (DKJ) 2024. Namun, PAN meminta syarat, bahwa pendamping Anies sebagai cawagub berasal dari kader pimpinan Zulkifli Hasan, Zita Anjani.

Menangggapi hal itu, Sekjend The Winner Institute Yogyakarta Ton Martono mengatakan, Anies Baswedan tanpa dukungan PAN sebenarnya sudah bisa berlayar mengarungi kontestasi Pilgub Jakarta. DPP PKS dan DPP NasDem sudah resmi mendukung Anies. Itu sudah memenuhi syarat, katanya, Selasa, (30/7/2024). 

Baca juga: Netizen Respon Upaya Anies Dirikan Partai, Ini Penjelasannya!

Belum lagi PKB, di mana DPW Jakarta sudah menyatakan mendukung Anies Baswedan. Saat ini tinggal menunggu surat rekomendasi dari DPP.

Yang jelas, di Pilkada DKJ ini Anies tanpa PAN sudah bisa melenggang karena memperoleh dukungan dari parpol dan berbagai elemen masyarakat, tegasnya.

Baca juga: Tokoh Masyarakat Ingin Anies Terus Jadi Pemimpin Perubahan untuk Indonesia

Dia menilai, tanpa menggandeng kader PAN sebagai cawagub Anies, akar rumput partai berlambang matahari terbit ini mayoritas tetap mendukung Anies Baswedan. Saya kira tanpa menggandeng Zita Anjani, mayoritas pemilih PAN tetap memilih Anies di Pilgub Jakarta, ungkapnya.

Pernyataan ini merujuk dari hasil survei yang dipublikasikan Indikaor Politik Indonesia belum lama ini. Hasil survei yang dilakukan pada 18-26 Juni 2024 ini menunjukkan bahwa 65,9 pemilih PAN mendukung Anies Baswedan, kemudian disusul Basuki Tjahja Purnama atau Ahok (10,1 persen), dan Ridwan Kamil (24,0 persen).

Baca juga: Meski Tak Ikut Kontestasi Pilgub, Pengamat Prediksi Karier Anies Tak Meredup!

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto akan segera menerbitkan surat keputusan mendukung Anies jika bersedia berpasangan dengan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Zita Anjani.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru