PKB Tepis Isu Koalisi Anies di Jakarta Bubar: Itu Tak Benar!

Reporter : Danny

Jakarta (optika.id) - Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menepis isu koalisi pendukung AniesBaswedan di PIlkada DKI Jakarta 2024 bubar. Kata Jazilul, koalisi pendukung Anies di pilkada justru sedang menempuh pengkristalan.

Jazilul menyebut Anies akan didukung PKB, PKS, dan NasDem di Pilkada Jakarta 2024. Ketiga partai ini juga mendukun Anies Baswedan di Pilpres 2024 lalu.

Baca juga: Jika PDIP Bersama Anies, Pilpres 2029 Bisa Jadi Hadirkan Calon yang Kuat!

"Makanya dinamikanya kita tunggu lah sampai ada koalisi yang paten. Ini di DKI ini tidak ada satu koalisi pun yang paten. Pokoknya enggak ada yang paten saja," kata Jazilul di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (30/7/2024).

"Artinya ini menuju pengkristalan koalisi. Bahwa ada dukungan ke Pak Anies, iya. PKB, PKS, NasDem sudah (mendukung)."

Jazilul menegaskan peresmian koalisi baru akan terlihat jelang pendaftaran calon pada akhir Agustus mendatang. Menurutnya, PKB sudah hampir pasti mendukung Anies Baswedan di Jakarta usai direkomendasikan DPW.

Baca juga: Gagal Maju Pilgub Jadi Hal Untung bagi Anies, Kok Bisa?

"Di dalam politik biasa otak-atik itu. Makanya mendekati limit waktu, nanti akan lebih terlihat," kata Jazilul dikutip Kompas.com.

Sebelumnya, Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni menyebut pihaknya belum pasti mengusung Anies di Pilkada Jakarta 2024. Sahroni menyebut kepastian baru akan didapat setelah calon didaftarkan.

"Kuncian itu nanti setelah dia mendaftarkan. Nah, jadi you jangan kecele. Rekomendasi bisa saja dikasih, tapi tahu-tahu enggak didaftarin," kata Sahroni, Senin (29/7/2024).

Baca juga: Netizen Respon Upaya Anies Dirikan Partai, Ini Penjelasannya!

Anies Baswedan merupakan sosok dengan elektabilitas tertinggi di Jakarta jelang pilkada serentak 2024. Menurut survei Litbang Kompas pada pertengahan Juli lalu, elektabilitas Anies di Jakarta mencapai 29,8 persen.

Adapun tokoh dengan elektabilitas di bawah Anies di Jakarta adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (20 persen), Ridwan Kamil (8,5 persen), Erick Thohir (2,3 persen), Sri Mulyani (1,3 persen), dan Kaesang Pangarep (1 persen).

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru