Optika - Serial asli Netflix asal Korea Selatan "Squid Game" telah sukses mencapai 111 juta penonton akun global dalam 17 hari pertama penayangannya. Angka tersebut mejadikan "Squid Game" serial paling populer yang pernah ditayangkan oleh Netflix.
Selain itu, serial thriller garapan Hwang Dong-Hyuk tersebut juga merupakan yang pertama kali melampaui 100 juta penonton dalam 28 hari penayangannya. Kesuksesan ini bahkan mengalahkan "Bridgerton" yang pernah menduduki peringkat no.1 sebelumnya dengan jumlah penonton sebanyak 82 akun dalam 28 hari perilisannya.
Baca Juga: Jenis 3 Kelompok Tukang Kritik Film, Kamu Masuk yang Mana?
Angka tersebut dihitung berdasarkan pada jumlah akun yang menonton serial tersebut setidaknya selama dua menit.
Sejak debut pada 17 September, "Squid Game" telah merajai peringkat no.1 posisi di layanan streaming tersebut di 94 negara. "Squid Game" juga telah berhasil bertahan di posisi no.1 di Amerika Serikat selama 21 hari.
Posisi tersebut menjadikan "Squid Game" sukses memecahkan rekor gelar serial non-bahasa Inggris yang mampu menduduki posisi pertama.
Baca Juga: Kritik Film Tak Sekadar Jadi Penghakiman Baik dan Buruk
Sutradara "Squid Game" Hwang Dong-Hyuk mengatakan perlu waktu 13 tahun agar drama impiannya ini bisa diproduksi. Ia mengatakan bahwa dia pertama kali menyusun ide untuk serial tersebut pada tahun 2008 sebagai sebuah film. Namun studio di Korea menolak karena tema kekerasannya.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
"Ketika saya mulai menulis "Squid Game", saya sendiri mengalami kesulitan keuangan dan menghabiskan banyak waktu di kafe membaca komik. Saya jadi bertanya-tanya bagaimana perasaan saya jika saya ambil bagian dalam permainan itu sendiri," ungkap Hwang Dong-Hyuk, Kamis (14/10/2021).
"Tapi saya menemukan permainannya terlalu rumit, dan untuk pekerjaan saya sendiri lebih fokus menggunakan permainan anak-anak," tambahnya.
Baca Juga: “Ledakan” yang Tidak Dijabarkan dalam Film Oppenheimer
Berkat kesuksesan Squid Game, Netflix menargetkan jumlah pelanggan berbayar mencapai 212,68 juta pelanggan hingga akhir kuartal III 2021. Jumlah pelanggan itu tumbuh 9 persen dari kuartal tahun lalu. (Jeni/zal)
Editor : Pahlevi