Implementasikan 6 Pilar Kesehatan Lamongan untuk Modal Transformasi

author Dani

- Pewarta

Jumat, 17 Nov 2023 14:16 WIB

Implementasikan 6 Pilar Kesehatan Lamongan untuk Modal Transformasi

Optika.id - Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengajak seluruh stekholder untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam implementasi 6 (enam) pilar transformasi kesehatan, yang disampaikan saat menjadi pembina apel peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tahun 2023 Kabupaten Lamongan, di Halaman Gedung Pemerintah Kabupaten Lamongan, Selasa (14/11/2023).

Kata Pak Ya sapaan akrab Bupati Lamongan, 6 pilar yang menjadi induk dibidang kesehatan yang fokus pada Kementrian Kesehatan (kemenkes) dalam visi untuk mencapai Indonesia Emas 2024 untuk membangun kesehatan diseluruh Indonesia.

Baca Juga: BAZNAS Lamongan Berikan Bantuan, 1 Desa 5 Mustahik

“Manusia yang sehat yang cerdas adalah visi mencapai indonesia emas 2024, sehingga diperlukan transformasi holistik sebagaimana tema kesehatan nasional tahun 2023 Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”, tutur Pak Yes.

Enam pilar tersebut yakni pertama, transformasi pelayanan primer, sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini berbagai masalah kesehatan. Pilar kedua, transformasi layanan rujukan, penguatan layanan kesehatan melalui penyediaan infrastruktur, SDM, dan sarana prasarana pelayanan yang berbasis digital. Pilar ketiga, transformasi sistem layanan ketahanan kesehatan. Pada pilar ini Pak Yes mengajak untuk menggelorakan penggunaan produk dalam negeri sebagai bentuk cinta dan bangga produk dalam negeri.

Sementara dalam pilar keempat, transformasi pembiayaan Kesehatan, seluruh pelayanan kesehatan harus melakukan perbaikan sistem pembiayaan dan pelayanan yang tidak efisien menjadi transparan. Pilar kelima, mentransformasikan sumber daya manusia kesehatan, menjadi wujud pemerataan tenaga kesehatan yang memadahi dan unggul. Dan pilar keenam, transformasi teknologi kesehatan, diperlukan pengembangan sistem informasi yang terfragmentasi menjadi terintegrasi.

“Terus melakukan transformasi budaya kerja dengan menginternalisasi core value ASN berahlak dan berkerja dengan sungguh-sungguh dengan melayani masyarakat dengan sepenuh hati,” ucap Pak Yes.

Lebih lanjut, kata Pak Yes, berbicara tentang kesehatan masyarakat tidak terlepas dari hasil pembangunan manusia yang dibuktikan melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pada tahun 2022 IPM Kabupaten Lamongan menunjukkan angka yang cukup baik yakni 74,02. Tak hanya itu indeks kesehatan Lamongan juga menunjukkan hal yang positif yakni sebesar 0,888 dengan usia harapan hidup masyarakat sudah mencapai 72,86.

Baca Juga: Pupuk Generasi Muda Cinta Budaya Lokal, Lamongan Gelar Lomba Bertutur

“Capaian tersebut harus terus ditingkatkan agar dapat mengungkit daya saing daerah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tantangan sektor kesehatan kedepannya tidak semakin ringan, kompleksnya tuntutan masyarakat diperlukan pelayanan kesehatan yang holistik, integratif, dan kolaboratif, yang menjadi tujuan program Lamongan Sehat,” imbuh Pak Yes.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sehingga menurut Pak Yes, diperlukan penguatan dan pembangunan jiwa tubuh yang kuat untuk mencapai transformasi kesehatan serta mencapai kejayaan Lamongan yang berkeadilan.

“Ditengah kondisi global yang penuh tidak ada kepastian, tidak ada pilihan terbaik selain investasi dan menggelola sumber daya manusia dengan baik. Saya mengajak seluruh masyarakat untuk ikut membangun kesehatan yang dimulai dari diri sendiri, kekuarga, dan lingkungan sekitar kita,” tambah Pak Yes.

Baca Juga: Raperda APBD Lamongan 2023 Telah Disetujui

Pada kesempatan yang sama, sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi insan kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat demi memajukan kesehatan di Lamongan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi serahkan penghargaan kepada Puskesmas Mantup yang telah meraih penghargaan juara 2 tingkat Nasional terhadap komitmen dalam program JKN.

Selain itu juga kepada dr. Sri Murni (Puskesmas Babat) atas dedikasi pelayanan kesehatan tahun 2023. IDI Lamongan atas komitmen penanganan stunting dan terselenggaranya bakti sosial dokter spesialis di seluruh puskesmas di Kabupaten Lamongan. Puskesmas Turi dalam pelayanan terbaik versi Ombusman tahun 2022. Puskemas Glagah sebagai puskesmas kinerja terbaik.

Tak hanya itu Bupati Yes juga memberikan penghargaan kepada Puskesmas Karanggeneng sebagai puskesmas dengan pencapaian SPM terbaik. Posyandu Teratai, Desa Lohgung sebagai Posyandu Terbaik. Klinik Bayangkara Polres Lamongan sebagai klinik berkinerja terbaik. UPT Instansi Farmasi sebagai direktorat pengelola dan pelayanan kefarmasian. Serta, penyerahan taliasih purna tugas kepada dr. Taufik Hidayat.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU