Kota Kediri Jadi Salah Satu Kota Ramah Pesepeda dalam Nominasi B2W Award

Reporter : Jenik Mauliddina
Dok: Humas Pemkot Kediri

Optika.id, Kota Kediri - Kota Kediri, Jawa Timur, masuk dalam nominasi kota ramah untuk pesepeda dalam Bike To Work Award 2021 yang diselenggarakan oleh B2W Indonesia.

Bike To Work Award 2021 sendiri merupakan sebuah ajang apresiasi dan pemberian penghargaan untuk insan/kelompok/instansi yang selama ini mempunyai andil besar dalam berkomitmen dan konsisten mendorong budaya bersepeda di Indonesia.

Baca juga: Etika Mengirim Undangan Online agar Rapi & Sopan

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar mengatakan, apresiasi tersebut menjadi semangat bagi Pemerintah Kota Kediri utuk lebih memaksimalkan jalur sepeda yang sudah ada.

"Hal ini sudah semangat kami untuk lebih baik lagi. Bagaimana pun kami sudah ada jalur sepeda. Itu yang harus dimaksimalkan terlebih dahulu," katanya, Rabu (22/12/2021)

Mas Abu, sapaan akrab wali kota juga menambahkan, event-event sepeda juga bertujuan menambahkan gairah bersepeda masyarakat tidak surut. Dengan itu, bersepeda tidak hanya menjadi trend karena pandemi, melainkan bisa menjadi gaya hidup sehat masyarakat Kota Kediri.

"Sejarahnya dulu Kota Kediri itu kota sepeda. Kalau lihat foto-foto lama saat bubaran Gudang Garam itu ribuan orang bersama-sama gowes bareng pulang ke rumah seusai kerja. Juga waktu berangkat mereka semua bersepeda karena Kota Kediri ini hanya 3 kecamatan sangat bisa ditempuh dengan sepeda," ujarnya.

Sementara itu, pemilihan nominator kota ramah sepeda ini melalui polling di media massa untuk mendapat nama unggulan awal kota ramah sepeda. Daerah-daerah yang masuk dalam nominasi kota ramah sepeda ini sesuai klasifikasi yang sudah ditentukan berdasarkan luas wilayah dan jumlah penduduk.

Baca juga: Menggali Isu Lokal yang Terpendam Kampanye Caleg

Dari hasil polling tersebut, dewan juri melakukan penilaian untuk mendapat kandidat kota ramah sepeda. Ada tiga komponen penilaian yakni adanya komitmen, ketersediaan infrastruktur, serta adanya infrastruktur sosial.

Piagam diterima langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Kediri Ferry Djatmiko yang diberikan Dewan Penasihat B2W Indonesia Akmal Malik di Ballroom Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 

Baca juga: Jelang Pemilu, Pemkot Kediri Hadirkan Workshop Pendidikan Politik

Reporter: Jeni Maulidina

Editor: Amrizal

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru