Khofifah Dorong Mal Pelayanan Publik Ada di Setiap Kota/Kabupaten di Jatim

Reporter : Jenik Mauliddina
Dok: Biro Adpim Jatim

Optika.id, Tuban - MPP atau Mal Pelayanan Publik di berbagai daerah di Jawa Timur kini mulai bermunculan, untuk mempermudah masyarakat dalam hal mengakses layanan pemerintah

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendorong seluruh kabupaten/kota memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP) yang mengakomodir kebutuhan masyarakat dan mempermudah masyarakat menjangkau layanan Pemerintah.

Baca juga: Kata Para Ahli Soal Peluang Khofifah, Risma dan Luluk di Pilgub Jatim

"Kalau ada dalam satu gedung tentu masyarakat akan sangat diuntungkan. Saya harap daerah lain bisa segera mencontoh atau meniru keberadaan MPP ini. Yang penting tujuannya memberi kemudahan layanan masyarakat. Kasihan masyarakat kalau harus muter-muter untuk mengurus dokumen atau perizinan, belum lagi waktu dan  transportnya," ujarnya dalam keterangan pers saat meresmikan MPP di Kabupaten Tuban, Kamis (10/2/2022).

Khofifah mengatakan keberadaan Mal Pelayanan Publik yang memiliki konsep satu gedung menampung seluruh layanan pemerintah diharapkan melayani masyarakat yang menginginkan kemudahan, kecepatan dan transparansi dalam proses perizinan serta sejumlah layanan lainnya.

Dengan adanya MPP tersebut, kata dia, masyarakat akan mudah mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan dengan mengandalkan teknologi, di antaranya KTP, akta lahir, KIA maupun layanan dokumen kependudukan lain.

"Keberadaan MPP ini sebagai bagian dari inovasi dan kreativitas daerah dalam memudahkan perizinan sesuai regulasi, serta kondusivitas wilayah yang selalu terjaga," tambah dia.

Dalam kesempatan tersebut, MPP Kabupaten Tuban merupakan yang ke-51 di Indonesia dan ke-10 di Jawa Timur. Total, terdapat 55 layanan organisasi pemerintah daerah dan 64 organisasi vertikal lainnya dari 25 instansi di dalamnya.

Baca juga: Pilkada Jatim Cetak Sejarah Baru, Tiga Srikandi Politik Bertarung Merebut Jatim I

Salah satu yang unik dari MPP Tuban adalah disediakan fasilitas bagi masyarakat yang hendak merayakan pernikahan berupa ruangan dengan dekorasi unik. 

Gubernur Khofifah yang didampingi Deputi Pelayan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa dan Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky secara resmi membuka MPP Tuban.

Di tempat sama, Bupati Tuban Aditya Halindra menjelaskan pembangunan MPP menggunakan anggaran daerah tahun 2020 hingga 2021, dengan total anggaran Rp45,9 miliar.

"Kami berharap ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh masyarakat guna mempermudah perizinan," tutur dia. 

Baca juga: Khofifah Ungkap UMKM Turut Kontribusi 59,18 Persen untuk PDRB Jatim

Reporter: Jenik Mauliddina

Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru