Foto Syur Gatot Nurmantyo, Sinyal Gerakan Penundaan Pemilu Terus Berjalan?

Reporter : Seno
images (7)

Optika.id. Foto Syur Jend (Purn) Gatot Nurmantyo, Panglima TNI 2015-2017, bersama seorang perempuan di sebuah kamar hotel beredar di media sosial twitter. Foto itu tampaknya diviralkan dan berulang-ulang dimuat oleh media online tertentu, yang bukan media mainstream.

Di foto yang dianggap syur itu tampak Gatot sedang berdoa di lantai, di atas kain putih, sementara di pojok kanan atas, di atas tempat tidur, tampak kaki perempuan. Dalam berbagai berita konon kaki perempuan itu milik Aylawati Sarwono, istri Jaya Suprana. Agar identitas perempuan itu jelas kemudian dimunculkan potret Gatot sedang duduk sambal ketawa sementara di depan kamera sebelah kanan ada wajah Aylawati sedang ketawa. Aylawati tampak sedang selfi (Waspada.co.id, Senin, 2/5/2022). Foto terakhir ini jelas editan.

Baca juga: Foto Syur Gatot Nurmantyo Untuk Bungkam Oposisi Melalui Buzzernya, Agar Penundaan Pemilu Tetap Jalan?

Menurut Roy Suryo, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga jaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, foto syur itu diduga editan, rekayasa. Foto tersebut pertama kali diunggah oleh akun @AgoesAguss. Setelah foto itu viral dengan cepat dihapus.

Satu kata saja NGAWUR, tegas Roy Suryolewat cuitannya di Twitter menanggapi pemberitaan terkait foto diduga Jenderal Gatot, dikutip pada Selasa (3/5/2022). Ditambahkan oleh Suryo gosip itu tidak berkelas yang berusaha diviralkan.

Gosip tidak berkelas ini, saya baca pertama kemarin berusaha di-upload oleh akun yang menamakan dirinya BIBIB KADRUN (@AgoesAguss) tanggal 29/4/2022 pukul 20.40 yang kemudian di-retweet beberapa followernya, urai lebih detil Suryo.

Rentetan foto syur sampai muncul potret jelas Aylawati tampak diunggah secara sistematis. Hilang dengan cepat, tapi beberapa media online dan sosial memblock up terus menerus berita itu menunjukkan serangan sistematis kepada Gatot. Mungkin serangan awal.

Sementara itu Gatot memilih diam saat diminta komentarnya tentang foto syur tersebut.

"Di bulan mulia biarkan saja," kata Gatot saat dikonfirmasi Republika di Jakarta, Sabtu (30/4).

Dituding Dalang Gerakan Mahasiswa

Sebulan lalu saat ramai gerakan mahsiswa menolak penundaan pemilu 2024 Gatot dituding sebagai dalang aksi mahasiswa 11 April 2022. Tudingan itu beredar di media sosial. Gatot selaku Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) menjawaban enteng tudingan tersebut.

"Di alam demokrasi dicurigai itu biasa," kata Gatot sebagaimana dikutip dalam podcast Hersubeno Arif FNN, Senin (11/4/2022).

Jarak antara tudingan sebagai dalang aksi mahasiswa 11 April 2022 dengan munculnya foto syur itu tidak terlalu lama. Dua peristiwa itu merangsang orang untuk berimajinasi adanya korelasi tentang dua peristiwa tersebut. Minimal secara hipotesis ada korelasi.

Makna dari hipotesis tentang dua peristiwa itu adalah upaya gerakan penundaan penilu 2024 belum berakhir. BEM SI (Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia) masih tidak percaya Gerakan penundaan pemilu 2024 telah berakhir (CNBC Indonesia, Senin, 11/04/2022). Baik dari pernyataan Presiden Joko Widodo maupun para menteri lainnya dianggap belum jelas mengakhiri upaya penundaan pemilu 2024.

Tulisan Aribowo

Baca juga: Foto Syur Untuk Jatuhkan Kredibilitas Gatot Nurmantyo, Pembunuhan Karakter, dan Demi Penundaan Pemilu?

Editor: Amrizal Ananda Pahlevi

Baca juga: Roy Suryo Pastikan Foto Diduga Gatot Nurmantyo dan Aylawati Sarwono Hoax!

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru