Soroti Arus Mudik Lebaran 2022, DPR Sebut Pelaksanaannya Tidak Sukses

Reporter : Akbar Akeyla
Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho. (Source: dpr.go.id)

Optika.id - Irwan Fecho selaku Anggota Komisi V DPR RI menganggap bahwa kunci kesuksesan arus balik lebaran 2022 lalu berada pada rekayasa lalu lintas yang telah diterapkan oleh pemerintah pusat.

Tak hanya itu, menurut Irwan, pemerintah juga harus menyiapkan transportasi publik yang memadai agar dapat mengurangi penggunaan mobil pribadi saat arus mudik atau balik.

Baca juga: Kemenhub: Pengguna Angkutan Umum Tembus Sampai 1 Juta

Ia juga menganggap bahwa kebijakan perpanjangan libur sekolah bukanlah menjadi suatu pilihan yang tepat untuk mengurai kemacetan arus balik. Dirinya kemudian mengakui jika kemacetan kerap terjadi di ruas tol Trans Jawa dan pelabuhan Merak.

"Begitu pun dengan luar pulau Jawa," tutur Irwan melalui keterangannya seperti yang dikutip oleh Optika.id pada Selasa (10/5/2022).

Ia kemudian menegaskan bahwa perpanjangan libur sekolah yang berlaku dari 8 Mei s.d 12 Mei 2022 merupakan sebuah bukti kegagalan mudik.

"Itu bukti mudik 2022 tidak sukses. Makanya, pemerintah membutuhkan opsi perpanjangan libur sekolah untuk mengurai kemacetan arus balik," terangnya.

Baca juga: Pelindo Ungkap 65 Ribu Pemudik Pulang Lewat Pelabuhan Tanjung Perak

Irwan menganggap bahwa penyebab kemacetan di sejumlah titik tol maupun jalur arteri rata-rata terjadi dikarenakan tingginya animo pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

Dalam kesempatannya, ia juga sempat mengapresiasi akan pelayanan yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan, Polri, dan TNI kepada masyarakat yang mudik dan arus balik lebaran 2022.

"Terima kasih kepada Menhub, TNI, POlri, khususnya Korlantas dan lainnya yang memberikan pelayanan luar biasa kepada masyarakat Indonesia," tutupnya.

Baca juga: Polda Jatim Gandeng Dishub untuk Berikan Atensi di Pelintasan KA Selama Mudik Berlangsung

Reporter: Akbar Danis
Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru