Jika Ada 3 Pasangan Capres, Pengamat: Jokowi Akan Jadi King Maker

Reporter : Seno
images (90)

Optika.id Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia Democratic Policy, Satyo Purwanto mengatakan posisi Presiden Joko Widodo akan menjadi king maker pada 2024 tergantung dengan jumlah kandidat yang akan bertarung pada kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Sangat tergantung sukses tidaknya skenario tiga pasang Capres-Cawapres 2024, kata Satyo dalam keterangannya, Kamis (26/5/2022)

Baca juga: Trengginas Sebagai Oposisi, PDIP Akan Goyahkan Rezim Selanjutnya?

Aktivis 1998 itu mengatakan, skenario tiga pasangan kandidat Capres (Calon Presiden) - Cawapres (Calon Wakil Presiden) 2024 akan sangat tergantung dengan kesolidan Golkar di bawah kendali Airlangga Hartarto.

"Sebab jika terjadi kontraksi di internal Partai Golkar sebelum masa pendaftaran capres, akan berdampak untuk skenario tiga pasang capres-cawapres, ungkap Satyo.

Dia pun membeberkan Jokowi tentu sangat sulit mengurusi urusan pencapresan di PDIP karena akan tergantung oleh Megawati Soekarnoputri selaku ketum parpol itu.

"Kemudian untuk poros NasDem juga akan menjadi pusaran koalisi lainnya yang kemungkinan akan beraliansi dengan para parpol yang akan mengusung Anies Baswedan, kata Satyo.

Jokowi Tak Miliki Kapasitas Jadi King Maker

Hal berbeda dikatakan Ubedilah Badrun pengamat politik yang juga dosen Universitas Negeri Jakarta. Dia merasa tidak yakin Presiden Jokowi memiliki kapasitas menjadi king maker yang bisa menentukan peserta dan pemenang Pilpres 2024.

Baca juga: Penyusunan APBN 2025 Tak Libatkan KPK, Anggaran Makan Siang Gratis Tak Diawasi?

Jokowi tidak memiliki kapasitas untuk menjadi king maker politik 2024, kata Ubedilah dalam keterangannya, Kamis (26/5/2022).

Aktivis 98 yang melaporkan 2 anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke KPK ini mengatakan, Jokowi selama menjadi Presiden RI tidak tegas. Kepala negara banyak dikendalikan oligarki ketika membuat kebijakan.

Kang Ubed sapaan akrabnya, mencontohkan kebijakan terbaru tentang pembatalan larangan ekspor batu bara dan minyak goreng.

Artinya, melihat fakta itu, king maker sesungguhnya pada pilpres 2024 adalah para oligarki, tegasnya.

Baca juga: Cawe-cawe Pilpres, Usulan Angket Harusnya Ditujukan ke Jokowi

Reporter: Pahlevi

Editor: Aribowo

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru