Cara Mengolah Daging Kambing Kurban Agar Tidak Bau dan Empuk

Reporter : Jenik Mauliddina
ilustrasi-daging-kurban

Optika.id - Pada momen perayaan Idul Adha umat Islam identik dengan membuat hidangan sate dari daging kurban. Salah satu yang menjadi favorit sate kambing. Namun, banyak yang kesulitan memasak daging kambing karena bau prengus yang sering tercium.

Jangan khawatir, karena ada cara membuat sate kambing yang empuk dan tidak bau prengus, seperti yang optika.id dirangkum berikut ini dari berbagai sumber, Sabtu (9/7/2022):

Baca juga: Idul Adha: Ide Masak Daging Kurban

Hindari Mencuci Daging

Jika pada daging lain harus dicuci dahulu sebelum mengolahnya, ini tidak terjadi pada daging kambing. Justru daging kambing tak perlu dicuci, karena tekstur daging akan jadi lebih alot dan aroma tak sedapnya akan semakin merebak. Sebaiknya langsung saja rebus daging dalam keadaan tidak dicuci. Buang air rebusan daging, lalu olah daging seperti biasa.

Buang Lemak/Gajih

Saat akan melakukan proses memasak, pastikan lemak atau gajih diiris dan dibuang terlebih dahulu, sebab sebagian besar bau yang menyengat dari daging kambing berasal dari lemak tersebut.

Taburi Garam/Jeruk Nipis

Agar menetralisir aroma amis yang ditimbulkan dari daging sebaiknya beri sedikit garam di seluruh daging. Selain itu, lumuri daging dengan menggunakan jeruk nipis juga dapat menghilangkan aroma tak sedap dan membuat daging jadi lebih empuk, serta membunuh bakteri dan kuman.

Bungkus dengan Daun Pepaya

Baca juga: Idul Adha dan Makna Sosial: Bagaimana Kurban Membantu Masyarakat yang Membutuhkan?

Usai proses menetralisir daging, pastikan bungkus daging kambing dengan daun pepaya karena enzim yang keluar dari daun pepaya akan membuat daging kambing lebih empuk.

Rebus Daging dengan Rempah-rempah

Opsi ini bisa Anda lakukan jika risih dan ingin tetap mencuci daging terlebih dahulu dengan tujuan membersihkannya dari bakteri. Setelah dicuci, rebus daging yang dengan campuran rempah-rempah, seperti daun jeruk, jahe, serai, dan kemangi, guna menghilangkan bau tak sedap.

Jika kelima langkah tersebut sudah dilakukan, ini saatnya Anda untuk membakar sate. Dahulu, pembakaran sate umumnya dilakukan secara manual menggunakan arang dan api. Namun, di era yang lebih modern seperti saat ini, Anda dapat membuat sate kambing menggunakan pemanggang atau teflon.

Baca juga: Hari Raya Idul Adha: Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Daging Kambing?

Reporter: Jenik Mauliddina

Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru