LPS Ingatkan Pertumbuhan DPK Mulai Melandai

Reporter : Denny Setiawan
1200px-Logo_baru_color_jpeg_LPS

Optika.id - Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa mengingatkan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang mulai melandai perlu diantisipasi. Ia menekankan itu meski ketahanan perbankan masih terjaga dengan permodalan dan likuiditas yang memadai.

Pertumbuhan penghimpunan DPK yang melambat berpotensi mempengaruhi strategi pengelolaan likuiditas perbankan, kata Purbaya dalam konferensi pers mengenai Tingkat Bunga Penjaminan yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Baca juga: Cara Menjaga Aset Digital Ala Pakar Digital Forensik

LPS mencatat pertumbuhan DPK pada Agustus 2022 sebesar 7,7 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy), namun kian melambat dari pertumbuhan bulan-bulan sebelumnya, yang bahkan sempat tumbuh dua digit selama pandemi COVID-19.

Kendati begitu Purbaya menilai fundamental kondisi perbankan memang masih terlihat relatif kuat saat ini, yang ditunjukkan dengan rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) industri perbankan yang berada di level 24,83 persen dan rasio Alat Likuid terhadap Non-Core Deposit (AL/NCD) di kisaran 117,99 persen.

Di sisi lain, kinerja pertumbuhan kredit bank umum melanjutkan tren pemulihan pada Agustus 2022 yakni berhasil tumbuh sebesar 10,62 persen (yoy).

Memasuki semester kedua tahun 2022, pertumbuhan kredit menunjukkan kinerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan penghimpunan DPK, tuturnya.

Baca juga: Info Perubahan Tarif BRI yang Masih Menyebar, Dipastikan Hoaks

Selain itu ia mengungkapkan peningkatan kinerja intermediasi perbankan secara umum pun disertai risiko kredit yang terus membaik.

Dengan demikian secara keseluruhan, kata dia, stabilitas sistem keuangan tetap terjaga di tengah meningkatnya faktor risiko eksternal dan tekanan inflasi.

Reporter: Denny Setiawan

Baca juga: Survei BI: Permintaan dan Penyaluran Pembiayaan Perbankan Meningkat

Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru