Khofifah Dorong Transformasi Digital Kearsipan

Reporter : Denny Setiawan
1668567585-IMG-20221116-WA0003

Optika.id - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendorong proses digitaliasi kearsipan yang diharapkan dapat mendukung proses pelayanan publik yang mudah, cepat, transparan dan akuntabel.

"Arsip-arsip selama ini  kebanyakan kertas. Bila disimpan terlalu lama otomatis mudah rusak dan makin sulit dicari. Dengan ekosistem digital yang dibangun di bidang kearsipan akan memberi kemudahan," katanya melalui keterangan tertulis di Surabaya, Rabu (16/11/2022).

Baca juga: Kata Para Ahli Soal Peluang Khofifah, Risma dan Luluk di Pilgub Jatim

Saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Hasil Diseminasi Evaluasi Pilot Project Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) di Hotel Vasa Surabaya pada Selasa (15/11/2022), Khofifah memastikan Pemprov Jatim terus berupaya melindungi keselamatan dan keamanan arsip-arsip statis untuk percepatan pelayanan publik untuk membangun kebudayaan dan peradaban melalui sistem yang diadopsi, diadaptasi dan dimodifikasi dari sistem informasi kearsipan standar internasional.

Terlebih, arsip merupakan dokumen penting yang terkait dengan memori kolektif suatu bangsa. Pun dalam sistem pelayanan publik, kearsipan menjadi salah satu yang penting. 

"Pemanfaatan sistem informasi kearsipan sangat penting agar masyarakat dapat mengakses berbagai informasi dari sumber-sumber autentik yang disediakan oleh pemerintah," ujarnya.

Baca juga: Pilkada Jatim Cetak Sejarah Baru, Tiga Srikandi Politik Bertarung Merebut Jatim I

Menurutnya digitalisasi kearsipan juga menjadi bagian dari sistem pemerintahan berbasis elektronik, yakni  penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mewujudkan tata kelola yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas, terpercaya dan efisiensi berbasis elektronik.

"Kemudahan dalam akses informasi kearsipan akan meningkatkan literasi digital masyarakat sehingga menjadi barometer keberhasilan proses transformasi digital yang tengah kita tempuh saat ini," tuturnya.

Reporter: Denny Setiawan

Baca juga: Khofifah Ungkap UMKM Turut Kontribusi 59,18 Persen untuk PDRB Jatim

Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru