Analisis Jhonny Plate: Akan Ada 4 Koalisi Parpol Pengusung Capres di Pemilu 2024

Reporter : Haritsah

Optika.id - Sekjen NasDem Johnny G Plate menduga dalam pemilu 2024 mendatang akan mengkerucut 4 koalisi partai politik. Keempatnya adalah bagian dari koalisi Jokowi saat ini, termasuk NasDem meski berkoalisi dengan PKS dan Demokrat.

Baca juga: Survei SMRC: Pemilih PKB, NasDem dan PKS Pilih Anies Jika Bersanding dengan RK

Menurut Johnny, PDIP akan membentuk koalisi sendiri karena memenuhi syarat mengusung capres tanpa berkoalisi, yakni parliamentary threshold 20%.

"Potensi potret koalisi adalah koalisi dalam koalisi karena hanya ada 2 partai di luar koalisi. Yang lain di dalam koalisi. Yang pasti PDIP punya hak pencalonan pilpres karena sudah memenuhi persyaratan dasar PT," kata Johnny dalam pemaparan hasil survei Indikator Politik Indonesia, Rabu (4/1/2023).

Selain itu, kata dia, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang digagas Gerindra-PKB, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Golkar, PAN, dan PPP serta Koalisi Perubahan yang dibuat NasDem, PKS, dan PAN juga akan terbangun dengan baik. Sehingga Pemilu 2024 akan diikuti 4 koalisi.

Baca juga: Warga DKI Jakarta Sangat Kecewa Usai PKS, NasDem, PKB Tak Dukung Anies!

"Kalau koalisi Gerindra terbangun dengan baik, maka ada koalisi Pak Prabowo. KIB terbangun baik ada koalisi KIB, NasDem ada potensi. Ada potensi 4 koalisi di dalam koalisi. Potensi 4 koalisi dalam koalisi saat ini," tuturnya.

Baca juga: Anies Respon Kemungkinan NasDem Batal Berikan Dukungan: Jalan Saja Mengalir!

Karena itu, Menkominfo itu mengingatkan agar seluruh parpol dapat menjaga soliditas pada pemerintahan 2024-2029 mendatang.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru