Isu Reshuffle Kabinet, Nasdem Tegaskan Tetap Dukung Jokowi Hingga Lengser

Reporter : Haritsah

Optika.id - Isu reshuffle kabinet pemerintahan Jokowi (Joko Widodo) -Ma'ruf Amin kembali menguat. NasDem yang telah mendeklarasikan Anies Baswedan menjadi capres diisukan akan didepak dari kabinet.

Baca juga: Survei SMRC: Pemilih PKB, NasDem dan PKS Pilih Anies Jika Bersanding dengan RK

Sekjen Partai NasDem Johnny G. Plate mengatakan, meski ada isu reshuffle kabinet bahkan jika benar mereka sampai didepak dari pemerintahan, NasDem tetap mendukung Jokowi hingga lengser pada 2024.

"Kalau soal sikap NasDem, NasDem adalah pengusung koalisi kabinet, melaksanakan pemerintahan, mendukung presiden terpilih sampai selesai dan sukses," kata Plate di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (8/1/2023).

"Komitmen politik Partai NasDem, sebagaimana yang telah disampaikan oleh Ketua Umum, akan terus mengawal sampai selesainya masa tugas jabatan Presiden," tambah dia.

Plate menegaskan, reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif Jokowi yang dilindungi konstitusi. Ia memandang semua pihak terutama para menteri harus menghormati apa pun keputusan Jokowi.

"Anggota kabinet itu adalah amanah dan kepercayaan. Maka, tentu selalu siap juga pada saat mengakhiri jabatan sesuai dengan amanah yang sudah dilaksanakan," tegas Plate.

Baca juga: Warga DKI Jakarta Sangat Kecewa Usai PKS, NasDem, PKB Tak Dukung Anies!

"Tapi yang harus selalu diingat ini bukan soal satu dua partai, ini soal kinerja kabinet yang dinilai oleh Presiden," tutup Plate.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan sinyal reshuffle Kabinet Indonesia Maju beberapa kali. Terakhir, Jokowi menjawab soal kepastian reshuffle saat meninjau kawasan produksi migas PT Pertamina Hulu Rokan Dumai.

Baca juga: Anies Respon Kemungkinan NasDem Batal Berikan Dukungan: Jalan Saja Mengalir!

"Besok. Bisa Jumat, bisa Senin, bisa Selasa, bisa Rabu," kata Jokowi, Kamis, 5 Januari.

Beberapa waktu sebelum itu, Jokowi mengimbau semua pihak agar menunggu perkara kemungkinan reshuffle kabinet di sela-sela meninjau Pasar Tanah Abang Jakarta pada Senin awal Januari lalu.

"Ya tunggu saja," kata Jokowi.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru