PKS Minta Pemerintah Turunkan Harga BBM Bersubsidi

Reporter : Haritsah

Optika.id - Harga minyak dunia sedang merosot dari yang sebelumnya sempat menyentuh angka US$ 120 per barel, kini hanya US$ 74 per barel. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi harga BBM di Indonesia.

Baca juga: PKS Ungkap Alasan Pilih Suswono Jadi Cawagub RK di Pilgub Jakarta

Anggota Fraksi PKS DPR RI, Mulyanto mengatakan, operator SPBU swasta seperti Vivo dan BP diklaim telah menurunkan beberapa jenis BBM akibat dari merosotnya harga minyak dunia saat ini.

BBM sejenis Pertalite seperti Revo 90 juga Bp 90 sudah menurunkan harganya, kata Mulyanto dalam Rapat Paripurna DPR RI Ke-14 masa persidangan III tahun sidang 2022-2023, Selasa (10/1/2023).

Dalam rapat itu, Mulyanto pun meminta agar pimpinan DPR RI dapat mendorong pemerintah untuk segera melakukan evaluasi terhadap BBM bersubsidi dan melakukan penurunan harga yang saat ini berlaku di masyarakat yakni Rp 10 ribu per liter untuk Pertalite dan Solar Rp 6.800 per liternya.

Pertamina sudah menurunkan komoditas BBM-nya yang non subsidi, karena ini masyarakat bertanya tanya kapan Pertalite ini turun, katanya.

Baca juga: Survei SMRC: Pemilih PKB, NasDem dan PKS Pilih Anies Jika Bersanding dengan RK

Anggota Fraksi PKS DPR RI, Mulyanto mengatakan, operator SPBU swasta seperti Vivo dan BP diklaim telah menurunkan beberapa jenis BBM akibat dari merosotnya harga minyak dunia saat ini.

Mulyanto menambahkan, akibat dari kenaikan harga BBM bersubsidi ini juga turut mempengaruhi naiknya angka inflasi yang saat ini telah menyentuh angka 5,5 persen dari sebelumnya 1,85 persen.

Baca juga: Warga DKI Jakarta Sangat Kecewa Usai PKS, NasDem, PKB Tak Dukung Anies!

Padahal target BI kita hanya 3 persen plus minus 1, ini adalah kontribusi kenaikan harga BBM, kata Mulyanto.

Untuk itu, Mulyanto berharap agar pemerintah segera melakukan evaluasi dan menurunkan harga BBM bersubsidi guna meringankan beban masyarakat dan meningkatkan kembali daya belinya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru