Cegah Apatisme Pemilih, KPU Malang Getol Sosialisasi pada Pemilih Pemula

Reporter : Danny

Optika.id - Guna mencegah apatisme pemilih pemula diPemilu 2024mendatang,KPU Kabupaten Malanggetol melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula akan pentingnya partisipasi agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca juga: 5 TPS di Kabupaten Malang Gelar Coblos Ulang Besok

Kami melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih, karena dari pendidikan pemilih menyampaikan materi bagaimana masyarakat khususnya pemilih pemula bisa hadir di TPS nanti, ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang, Anis Suhartini, Rabu (10/5/2023).

Anis menjelaskan, sosialisasi dan pendidikan itu yakni, bagaimana pemilih pemula menggunakan hak pilihnya, juga tentang kewajiban sebagai warga Negara yang memiliki hak politik.

Baca juga: Muncul Pemilih Penyusup, Sejumlah TPS di Malang Adakan Coblos Ulang Besok

Menyikapinya agar pemilih pemula tidak bersikap apatis maka yang dilakukan KPU dalam pendidikan pemilih itu lebih banyak menyampaikan betapa pentingnya proses demokrasi pemilihan Presiden, Legislatif dan Kepala Daerah, tegas Anis.

KPU memberikan pemahaman bahwa ketika kita tidak peduli, apatis, maka sebenarnya kita ikut kontribusi atas kekeliruan, jika terjadi sesuai yang tidak sesuai di masyarakat, maka sebenarnya kita berkontribusi, Anis menyambung.

Baca juga: Malang Diguncang Gempa Berskala M 4,6

Sebab itu, tambah Anis, agar tidak apatis, perlu dilakukan penyadaran bahwa warga negara memiliki kontribusi, negara perlu pemimpin. Maka untuk menentukan pemimpin yang diinginkan, generasi Z bisa berpartisipasi di Pemilu 2024 mendatang.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru