Natalius Pigai: Kasus Korupsi Johnny G Plate, Bukti Pengorbanan Politisi Katolik untuk Anies Baswedan

Reporter : Eka Ratna Sari

Optika.id - Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika, telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi proyek BTS SAKTI yang merugikan lebih dari Rp8 Triliun setelah menjalani pemeriksaan ketiga. Penetapan status tersangka terhadap Johnny menuai beragam reaksi, termasuk dugaan bahwa hal ini terkait dengan pencapresan Anies Baswedan yang didukung oleh Partai NasDem.

Baca juga: Netizen Respon Upaya Anies Dirikan Partai, Ini Penjelasannya!

Salah satu yang mengungkapkan dugaan tersebut adalah Natalius Pigai, mantan Komisioner Komnas HAM, Kamis (18/5/2023). Pigai menduga bahwa Johnny G Plate adalah korban yang mengorbankan dirinya demi kepentingan Anies Baswedan.

Ia berpendapat bahwa jika Johnny tidak bersikeras untuk menggagalkan pencalonan Anies, maka Megawati, Jokowi, dan Luhut pasti akan membebaskannya. Pigai menyebut hal ini sebagai pengorbanan nyata politisi Katolik untuk Anies Baswedan.

Baca juga: Tokoh Masyarakat Ingin Anies Terus Jadi Pemimpin Perubahan untuk Indonesia

Di sisi lain, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, dalam mengomentari penetapan status tersangka terhadap Sekjen Partainya, Johnny G Plate, menghindari berspekulasi terlalu jauh mengenai kasus tersebut.

Paloh dan Partai NasDem memilih untuk menghormati proses hukum yang berlangsung dan berharap bahwa penetapan tersangka terhadap Johnny G Plate adalah hasil dari tindakan korupsi semata, tanpa adanya intervensi lain.

Baca juga: Meski Tak Ikut Kontestasi Pilgub, Pengamat Prediksi Karier Anies Tak Meredup!

"Saat ini, saya tengah berkontemplasi dan berusaha berpikir jernih bahwa ini tidak ada kaitan dengan bisikan-bisikan yang selama ini datang kepada saya," ungkap Paloh.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru